Connect with us

Nasional

7 Tsk Home Industry Tembakau Gorila Dibekuk

Dimuat

pada

JAKARTA– Jaringan pelaku home industry tembakau sintetis (tembakau gorila), berhasil diamankan Polda Metro Jaya di sejumlah rumah kontrakan. “Dalam pengungkapan kasus kami kembali mengamankan tujuh tersangka (Tsk) dengan berbagai peran,” tutur Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus kepada awak media di Mapolda, Senin (22/3).

Usai diperiksa, salah satu pelaku merupakan narapidana berinisial V yang sedang menjalani masa tahanan di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Jakarta. “Yang kami amankan merupakan jaringan V yang saat ini masih berada di LP. Tsk juga selaku koordinator serta yang mengajarkan cara pembuatan tembakau, selain itu pengendali pengiriman,” beber Yusri.


Untuk pemesanan bahan baku jelas Yusri, datang sesuai perintah dari saudara V, tak hanya itu, perlatan hingga tempatnya juga. “Salah satu Tsk berinisial EM kerjanya datang dan memasok untuk pembuatan tembakau sintetis,” ungkapnya.

Ditambahkannya juga, dalam pengungkapan kasus tersebut, para pelaku diamankan Polisi ketika nerada di salah satu rumah kontrakan Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, dan salah saru Perumahan, Kecamatan Baleedah Kabupaten Bandung Jawa Barat. “Kemudian berkembang sampai di Bandung, terdapat pabrik juga,” ujarnya.


Ketujuh tersangka itu sambungnya, dikenakan Pasal 114 ayat (2) subsider 113 ayat (1) lebih subsider pasal 112 ayat (2) Juncto pasal 132 (1) Undang-Undang RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika, ancaman hukuman penjara minimal lima tahun dan maksimal hukuman mati.(tim/red)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?