Connect with us

Kepulauan Talaud

Acara Adat Mane’e Kembali Digelar, Bupati Talaud : Kali Ini Berbeda Dari Sebelumnya

Dimuat

pada

Kegiatan Adat Mane'e yang dihadiri oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud dr Elly Engelbert Lasut ME didampingi Wabup Drs Moktar Arunde Parapaga, Sabtu (29/5/2021) di Pulau Intata Kecamatan Nanusa. //foto: istimewa..

TALAUD – Perhelatan Acara Adat Mane’e di Pulau Intata Kecamatan Nanusa Kabupaten Kepulauan Talaud kembali digelar pada Sabtu (29/5/2021) lalu yang turut dihadiri oleh Bupati Kabupaten Talaud dr Elly Engelbert Lasut, ME dan didampingi oleh Wakil Bupati Drs Moktar Arunde Parapaga.

Ritual Adat menangkap ikan kali ini berbeda dengan sebelumnya karena penyelenggaraan kegiatan kali ini dibatasi.

Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud dr Elly Engelbert Lasut ME pada Senin (31/5/2021) menyampaikan bahwa penyelenggaraan Mane’e ini memang berbeda. Yang dulunya jumlah pesertanya tidak dibatasi, sekarang harus dibatasi.

“Atas nama Pemerintah Daerah kami memohon maaf jika dalam kegiatan Mane’e kali ini pesertanya harus dibatasi, karena masih dalam situasi Pandemi Covid-19. Yang dahulunya jumlah peserta tidak di batasi, tetapi karena situasi dan kondisi saat ini sehingga harus ada pembatasan,” ujar Bupati Elly Lasut.

Senada dengan Wakil Bupati Drs Moktar Arunde Parapaga yang ikut memberi apresiasi secara khusus kepada seluruh pihak yang ikut terlibat dalam proses persiapan ritual Adat masyarakat Kakorotan ini.

“Terima kasih banyak kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan mensukseskan kegiatan ini. Semoga tradisi Mane’e ini menjadi salah satu destinasi wisata unggulan dari Kabupaten Talaud,” tukas Wabup Parapaga.

Tambahnya lagi bahwa, pihaknya memberikan apresiasi kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan meskipun dengan keterbatasan dimasa Pandemi, tetapi boleh menyelenggarakan kegiatan Mane’e ini.

Berdasarkan pantauan wartawan xmanadonew, kegiatan Mane’e Tahun 2021 ini memang berbeda yakni diantaranya setiap warga yang masuk ke pulau tersebut wajib memakai masker, hal ini pun terlihat dari aktifitas para petugas dari BPBD Kabupaten Talaud ketika menyisir lokasi kegiatan dengan membagikan masker serta mengingatkan masyarakat agar disiplin dalam pemakaian masker.

Hal unik lainnya dari tradisi masyarakat yang ada di Pulau Kakorotan ini juga antara lain adalah ketika selesai menangkap ikan, para peserta maupun warga lokal disana beramai-ramai membawa hasil tangkapannya serta ada pula yang dibakar untuk dimakan bersama dengan anggota keluarga yang ikut maupun para wisatawan yang menjadi peserta ritual adat tersebut.

Acara adat Mane’e ini turut pula dihadiri oleh Staf Ahli Gubernur Sulawesi Utara DR Yeti Pulu, unsur Forkopimda, para Kepala Dinas/Badan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemda Talaud, Dekan Fakultas Perikanan Unsrat Manado, Pimpinan PT Bank SulutGo Cabang Melonguane, serta para tamu dan undangan bahkan masyarakat. (tni)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?