Connect with us

Bitung

Akibat Tambang Liar di Pinasungkulan, Masyarakat Harus Siap Hadapi Dampak ini…

Dimuat

pada


BITUNG—Tambang liar yang berada di Pinasungkulan makin ramai diperbincangkan. Ada masyarakat yang senang dengan keberadaan lokasi tambang tersebut, dan ada juga yang merasa was-was. 

Munculnya pro dan kontra ditengah masyarakat soal Pertambangan Emas Tanpa Ijin (PETI), di Kelurahan Pinasungkulan, Kecamatan Ranowulu memang patut diwaspadai sejak dini. 

Masyarakat pun harus bersiap dan bersedia menerima segala resiko dan dampak yang akan ditimbulkan dari aktivitas penambangan ilegal tersebut. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Sadat Minabari menguraikan terkait dampak apa saja yang akan ditimbulkan akibat dari aktivitas PETI di wilayah Kelurahan Pinasungkulan itu. 

Menurut Sadat, ada beberapa poin penting yang harus diwaspadai dari pertambangan emas tersebut. Diantaranya, tanah akan mengalami kerusakan berat serta dampak fisik lingkungan seperti degradasi tanah. 

“Dampak lainnya pasti menghilangkn unsur hara yang dibutuhkan oleh pertumbuhan tanaman. Hal ini dikarenakan berkurangnya debit air dipermukaan. Serta berpotensi terjadinya longsor dan erosi. Nah, dampak iniliah yang harus diwaspadai masyarakat dari  PETI di Pinasungkulan. Masyarakat juga harus bisa berfikir terkait dengan apa yang ditimbulkan kedepan,” ujar Sadat, Rabu (24/02/2021). 

Selain itu lanjut Sadat, ha lain yang akan dirasakan masyarakat yaitu, dampak sosial ekonomi yang akan mempengaruhi masyarakat yang ada di sekitar wilayah pertambangan. 

“Otomatis jika sudah ada tambang. Masyarakat di lokasi itu akan beralih profesi dari pertanian menjadi penambang emas. Pun, harus diwaspadai juga terjadinya konflik sosial. Karena namanya tambang pasti sangat rawan dengan hal ini. Apalagi para penambang ini bukan hanya warga Kota Bitung. Melainkan warga dari luar Bitung juga ikut menambang. Bukan tidak mungkin gesekan antar penambang bisa terjadi. Dan ini perlu diansipasi sejak awal,” pungkasnya. 

(Jamal Gani)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?