Connect with us

Minahasa Utara

Aksi Bersih-Bersih Pantai Kema Warnai Peringatan Hari Bumi Sedunia

Dimuat

pada

Sejumlah personil KPA Arenga Pinnata Sulut dan KPAB Formicidae sedang membersihkan sampah di pantai Kema.

MINUT – Hari Bumi atau Earth Day adalah acara tahunan yang dirayakan di seluruh dunia pada 22 April, untuk menunjukkan dukungan bagi perlindungan lingkungan. Hari Bumi ini dirancang, untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali makhluk hidup termasuk manusia.

Bentuk kepedulian terhadap peringatan hari bumi 22 april, maka KPA Arenga Pinnata Sulut dan KPAB Formicidae bergerak melalakukan aksi pembersihan sampah pesisir Pantai Firdaus desa Kema dua, Kamis (22/4/2021).

Menurut ketua KPAB Formicidae Juan Rumisi, tujuan kegiatan bersih sampah di pesisir pantai ini adalah bentuk kesadaran kita sebagai manusia terhadap lingkungan sekitar, untuk menjaga dan melestarikan bumi.

” kami melihat disini tingkat kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan masih tergolong rendah, meskipun mereka telah berhasil menjaga kebersihan dimulai dari diri sendiri dan lingkungan keluarga. Nanun, tak sedikit orang yang mengabaikan kebersihan dalam lingkungan masyarakat,”ungkapnya.

Lanjut dikatakannya, kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan juga dapat menimbulkan bencana yang lebih besar. Seperti yang kita ketahui, bencana banjir tidak hanya disebabkan oleh hujan lebat tapi karena orang-orang membuang sampah sembarangan sehingga mengakibatkan tidak lancarnya aliran sungai dan volume air meluap ke pemukiman.

“Oleh sebab itu, sangat penting bagi setiap masyarakat menumbuhkan kesadaran dalam menjaga kebersihan. Dan itu, tidak hanya kebersihan diri sendiri dan keluarga, tapi sangat penting menjaga kebersihan di lingkungan masyarakat,”kata Rumisi sembari menambahkan inilah wujud aksi nyata kita untuk peduli lingkungan, mulai dari hal kecil hingga ke hal besar, Salam Lestari!!!

Kegiatan ini di dukung penuh oleh pemerintah Desa Kema II, dan diikuti oleh beberapa organisasi Kakewa Adventure Team, Torang Kawiley Tleh, Pakasa, MPA Marabunta, KPA Hijau Bebas, Martuari Outdoor serta masyarakt sekitar pesisir pantai. (Erwien Bojoh)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?