Connect with us

Minahasa

Bappenda Tertibkan Pajak Galian C di Wilayah Minahasa

Dimuat

pada

Kepala Bappenda Minahasa Dra Martha Aguw

MINAHASA – Badan Pengelolaan dan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Minahasa saat ini sedang mendata pengelola galian C atau pajak atas Mineral Bukan Logam dan Batuan (MBLB) di sejumlah wilayah.

Menurut Kepala Bappenda Minahasa Dra Martha Aguw, sejumlah pegawainya turun ke lokasi galian C disejumlah wilayah, guna mendata kembali MBLB agar tertib administrasi, terutama dalam menyelesaikan kewajiban kepada pemerintah.

“Penertiban MBLB di galian C ini bergulir sejak pekan lalu dan terus berlanjut. Tujuannya agar pelaku usaha harus tertib pajak, karena berdasarkan aturan wajib mereka lakukan,” ungkapnya, Kamis (5/8/2021) siang tadi.

Menurutnya, sesuai amanat UU No. 23 Tahun 2014 mengatur kewenangan pemberian izin usaha pertambangan MBLB merupakan kewenangan provinsi. Sementara UU No. 28 Tahun 2009 mengatur kewenangan pemungutan pajak daerah, di mana pemungutan pajak MBLB adalah kewenangan kabupaten/kota.

“Jadi, walaupun perizinan usaha pertambangan MBLB diterbitkan oleh provinsi, pemungutan pajaknya tetap kewenangan dari kabupaten/kota,” jelas Aguw.

Selain itu, dia mengingatkan untuk wajib Pajak Bumi Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) akan habis waktu Oktober 2021 ini. Di mana, desa dan kelurahan harus mengurus tagihan pajak mereka sebelum jatuh tempo.

“Meski di tengah pandemi Covid-19 dan di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Kabupaten Minahasa, namun para kumtua dan lurah saya rasa punya strategi merealisasikan pajak tahun 2021 di wilayah masing-masing agar lunas 100 persen,” bebernya. (Erwien Bojoh)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?