Connect with us

Minahasa

Belum Ada Penetapan Hukum, 4 Kumtua Bermasalah di Minahasa Masih ‘Gentayangan’

Dimuat

pada

Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Minahasa Drs Riviva Maringka, MSi

MINAHASA – Sejumlah Hukum Tua (Kumtua) di Kabupaten Minahasa bermasalah dengan hukum. Pasalnya, mereka telah dilaporkan oleh masyarakatnya sendiri di Polres maupun Kejari Minahasa.

Empat (4) Kumtua yang bermasalah hukum tersebut, kuat dugaan jabatannya sebagai Kepala Desa bakal tergantikan. Sebab, mereka sudah dilaporkan ke pihak berwajib, seperti Kumtua Desa Atep Oki, Desa Makalelon dan Desa Tountimomor. Sedangkan Kumtua Desa Kapataran satu, telah dilapor di Kejaksaan Negeri (Kejari) Minahasa. Dan atas laporan masyarakat itu, sebagian telah menjalani pemeriksaan dan tinggal menunggu penetapan tersangka.

Diketahui keempat Kumtua ini memiliki kasus berbeda-beda, mulai dari Ijazah Palsu, masalah pemalsuan sertifkat tanah, masalah pengelolaan Dana Desa, hingga dugaan pelecehan dan pemerkosaan. Dimana kepala Desa yang bermasalah hukum ini berasal dari Desa Atep Oki, Desa Makalelon, Desa Tountimomor dan Desa Kapataran satu.

Asisten bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs Riviva Maringka, MSi setelah dimintai tanggapan, menjelaskan bahwa keempat Kumtua tersebut memang sempat bermasalah dengan hukum. Namun, sampai sekarang masih menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka sebagai pemimpin di desanya, sebab belum P21.

“Meski keempat Kumtua itu sudah dilaporkan di Polres dan Kejari tapi kalau belum ada ketetapan hukum, kami tak ingin mengambil keputusan apalagi menggantikan mereka sebagai pemimpin di wilayahnya,”kata Maringka kepada xmanadonew.co.id di ruang kerjanya, Selasa (19/7/2022) siang tadi.

Kita ikuti saja proses hukum yang ada, sebelum Kumtua ini ditetapkan sebagai tersangka.

“Bilamana mereka sudah dinyatakan bersalah dan sudah P21, barulah kami mengambil tindakan sekaligus mengangkat pemimpin baru di desa itu sebagai Pelaksana Harian (Plh),”tutupnya.  (Erwien Bojoh)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Iklan
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?