Connect with us

Bitung

Berantas Pungli, Hengky Honandar Ajak Masyarakat Ikut Mengawasi dan Laporkan

Dimuat

pada

Wakil Wali Kota Bitung, Hengky Honandar

BITUNG–Dalam mewujudkan Kota Bitung bebas dari pungutan liar (Pungli) masyarakat diminta untuk ikut berperan aktif dalam melakukan pengawasan didalam lingkup pemerintahan maupun di lingkungan kemasyarakatan.

Hal ini disampaikan Wakil Wali Kota Bitung, Hengky Honandar saat hadir di Sosialisasi Peraturan Presiden RI Nomor: 87 tahun 2016 tentang Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih Pungli, Rungan BPU Kantor Walikota Bitung, Kamis (25/11/2021).

Sosialisasi itu juga dihadiri Sekertaris Saber Pungli RI, Irjen Pol Dr Drs Agung Makbul SH MH dan dirangkaikan dengan pencanangan Kota Bitung menuju Kota Bebas Pungli.

“Saya mengajak kepada seluruh elemen masyarakat mari kita sama-sama memerangi praktek-praktek pungli. Tujuannya tidak lain agar terciptanya budaya hukum yang bersih. Terlebih dalam pelayanan publik,” ajak Hengky.

Hengky menambahkan, semakin banyaknya sosialisasi terkait dengan pungli tersebut. Maka kata dia, akan semakin mudah memeranginya.

“Karena dengan momentum seperti ini menjadi wahana untuk mediasi dan menyampaikan persepsi sebagai
acuan serta masukan dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan,” ucap Hengky.

Menurutnya, untuk mewujudkan Kota Bitung bebas dari pungli. Pemerintah kata dia tidak bisa berkerja sendiri. Melainkan butuh dukungan dari seluruh unsur stakeholder terkait serta masyarakat.

“Itu jangan sampai terputus. Jangan beri ruang kepada oknum-oknum nakal seperti itu.  Masyarakat harus ikut mengawasi serta melaporkan apabila mengetahui ada kegiatan Pungli yang terjadi di wilayahnya,” pintanya.

Lanjutnya, jika menemukan atau pun mengetahui praktek Pungli secepatnya melaporkannya kepada Satgas Saber Pungli atau ke pihak Kepolisian untuk ditindak lanjuti.

“Ini wajib kita lakukan. Untuk mendukung Indonesia bebas Pungli,” pungkasnya.

Hadir dalam sosialisasi itu, Asisten Deputi Koordinasi Penanganan Kejahatan Transnasional dan Kejahatan Luar Biasa, Brigjen Pol Dr Bambang Pristiwanto SH MH dan Asisten I, Julius Ondang serta kepala OPD.

(JamalGani)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?