Connect with us

Kepulauan Sangihe

Berlangsung 2 Hari, KU-PPAS Disetujui DPRD Sangihe

Dimuat

pada

TAHUNA,
Setelah selesai pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Perda) tentang penanggulangan Covid-19, kini Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Sangihe bersama mitra kerja Pemerintah Daerah (Pemda) lakukan pembahasan Kebijakan Umum Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KU- PPAS) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2022.

Diawali pembacaan pengantar nota KU-PPAS oleh Bupati dilanjutkan rapat bersama DPRD digelar dipimpin langsung ketua DPRD Sangihe, Josephus Kakondo BAE sejak Selasa-Rabu 2021.

Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana SE ME ketika membacakan pengantar nota KU-PPAS mengatakan digelarnya rapat bersama pembahasan KU- PPAS sebagai bukti keseriusan legislatif dan mitra kerja pemerintah daerah.

Di masa covid -19 agenda pemerintah daerah banyak terkonsentrasi untuk penanganan serta penyesuaian melalui refocusing anggaran, olehnya masukan dan saran dari legislatif sangat diharapkan.

“Transisi regulasi sebagai acuan penyusunan KU- PPAS dan RAPBD, penyesuaian-penyesuaian tersebut turut pempengaruhi akurasi, perkiraan dan skema kebijakan daerah ditengah-tengah upaya pemerintah untuk fokus pada penanganan pandemi covid 19 serta penuntasan pelaksanaan vaksinasi untuk terwujudnya herd immunity atau kekebalan kelompok pada masyarakat sangihe. Oleh sebab itu saran dan masukan pimpinan dan anggota banggar yang berkembang dalam dinamika pembahasan agenda rapat hari ini akan diteliti secara serius oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe,”ungkap Gaghana.

Sekretariat Dewan (Sekwan) RI Putri Tamaka ditemui menyatakan bahwa agenda paripurna Pembahasan KU-PPAS telah disetujui bersama legislatif dan eksekutif.

“Jadi tadi telah disetujui KU-PPAS Tahun 2022. Nantinya Bupati akan membuat surat edaran ke perangkat daerah utk menyusun RKA SKPD sebagi bahan APBD TA 2022. Dan agenda DPRD selanjutnya menunggu dokumen pembahasan KU-PPAS Perubahan 2021 dan rapat fasilitasi Ranperda covid-19 di Biro Hukum Pemprov Sulut,”tukas Tamaka.

Rapat paripurna KU- PPAS Tahun 2022 dihadiri Pimpinan dan sejumlah anggota DPRD sebelumnya berlangsung alot saat pembahasan awal yang dilakukan percepatan.(*).

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?