Connect with us

Bitung

Buka FKG Ke-3, Wakil Wali Kota Bitung Ajak Masyarakat Lestarikan Sungai

Dimuat

pada

BITUNG–Festival Kuala Girian (FKG), ke-3 tahun 2021 resmi dibuka Wakil Wali Kota Bitung, Hengky Honandar, Kamis (30/09/2021).

Wawali Kota Bitung, Hengky Honandar bersama jajaran Forkopimda

FKG ke-3 yang digelar secara virtual selama dua hari yakni, 30 September-01 November di Riverside Adventure Camp Kelurahan Manembo-nembo Kecamatan banyak mendapatkan dukungan dari berbagai kalangan. Termasuk dari negara-negara besar dunia.

Pasalnya, pada iven dua tahunan ini selain melakukan penanaman pohon dibantaran sungai. Pihak FKG juga banyak memberikan edukasi kepada generasi bangsa tentang bagaimana menjaga dan merawat sungai.

Sementara itu, ada kegiatan dan perlombaan lainnya seperti, Parade Paramotor, Talkshow Pemberdayaan Ekonomi, Wisata Air, Lomba Kupas Kelapa, Lomba Cenge-cenge SD, Lomba Pacu Perahu Mini, Lomba Perang Bantal, Lomba Valinggir, Lomba Berteiak, (Bakuku), Lomba Makan Cabe, Pameran Khas Sulut, UMKM Kreatif dan Tarian Budaya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bitung, Hengky Honandar pada kesempatan itu mengatakan sangat mensuport FKG ke-3 ini. Tujuannya kata dia, untuk menjaga kelestarian sungai dengan cara mengajak mayarakat agar ikut ambil bagian dalam menjaga daerah aliran sungai.

Kesempatan itu, Wawali juga sedikit bernostalgia masa kecilnya yang sering mandi dan bermain di sungai. Akan tetapi kata dia, kebahagiaan bermain di sungai saat dirinya kecil sudah jauh berbeda dengan keadaan saat ini. Dimana kata dia, sungai sudah sering dijadikan tempat buang sampah bahkan limbah-limbah.

“Hampir setiap tahun kita selalu menghadapi bencana alam yang tidak terduga, seperti kebakaran hutan konservasi alam yang cecara langsung telah mengurangi kawasan penampungan air. Belum terhitung kerusakan krusial akibat ulah manusia seperti penebangan dan penambangan liar, desakan pemukiman, serta beberapa aktifitas lainnya, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja,” ujarnya.

Lanjutnya, bahkan saat ini sudah mulai dirasakan dampaknya. Seperti kata dia,  penurunan debit air dari sungai-sungai yang ada di Kota Bitung yakni, Sungai Girian, Sungai Kayuwale yang merupakan anak Sungai Pinasungkulan, Sungai Sagerat dan Sungai Tewaan, serta Sungai Batuputih yang berbatasan langsung dengan kawasan konservasi alam sehingga masih dapat terselamatkan.

“Satu-satunya jalan yang diharapkan dapat membantu mengembalikan kualitas sumber daya air yang ada di Kota Bitung adalah melalui kegiatan restorasi sungai. Bukan hal yang mudah memang. Namun bukan pula hal yang tidak mungkin untuk dilakukan,” tuturnya.

Wawali menambahkan, hingga saat ini pemerintah dan seluruh stakeholder termasuk didalamnya forum komunitas pecinta alam dan masyarakat terus melakukan pembenahan-pembenahan di lapangan. Yang didalamnya kata dia,  bagaimana cara mensosialisasikan kepada seluruh lapisan masyarakat termasuk masyarakat di bantaran sungai sebagai penunjang langkah awal restorasi sungai.

“Kami harapkan melalui momentum ini dapat membentuk wawasan dan kemampuan masyarakat yang hidup dan menggantungkan hidupnya dari aliran sungai yang ada. Para organisasi pecinta alam, serta para pemangku kepentingan untuk berkolaborasi dan bergerak secara masif dalam mencegah kerusakan daerah aliran sungai,” harapnya.

Kesempatan itu, Wawali juga melakukan pelepasan ribuan anak ikan di Kuala Girian serta penamanan pohon yang diikuti sejumlah relawan dari negara lain secara zoom.

Hadir juga dalam pembukaan Festival Kuala Girian 3, Kapolres Bitung, AKBP Alam Kusuma S Irawan SH SIK MH, Dandim 1310/Bitung, Letkol (Inf) Benny Lesmana SE Mhan, Danyonmarhanlan VIII, Letikol Marinir Anugrah Auliadi Santoso, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Bitung, Frenkie Son SH MH, Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi I, Ir I Komang Sudana, Kepala BPBD, Rudoy Wongkar, Kadis Pariwisata, Pingkan Kapoh dan Perwakilan Satrol, Mayor Junaidi Sangel.

(JamalGani)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?