Connect with us

Advertorial

Bupati ROR Hadiri Pembukaan Open Turnamen Karate Kajati Cup ke III di Tondano

Dimuat

pada

MINAHASA – Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring, MSi (ROR) menghadiri pembukaan kejuaraan terbuka Karate Kajati Cup III di Gedung Wale Ne Tou Tondano Kabupaten Minahasa, Sabtu (23/7/2022) siang tadi.

Kejuaraan open turnamen karate ini memperebutkan Trophy Bergilir Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara Edy Birton, SH, MH dan Trophy Tetap Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring, MSi (ROR).

Kemudian pembukaan kejuaraan tersebut dihadiri langsung Kepala Kejaksaan Tinggi Sulut Edi Birton, SH, MH bersama ibu Lilien Birton yang juga ketua Ikatan Adyaksa Dharma Karini beserta jajaran Kejati.

Dalam sambutan Bupati ROR, menyampaikan terima kasih kepada Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara Edy Birton, SH, MH bersama ibu ketua Ikatan Adyaksa Dharma Karini Lilien Birton dan Forkopimda Sulut serta para peserta kejuaraan Karate Kajati Cup yang telah datangi Kabupaten Minahasa sekaligus membuat even bergengsi di Tanah Toar Lumimuut.

“Atas nama pemerintah dan rakyat Minahasa, saya bupati dan wakil bupati Dr Robby Dondokambey, SSj, MM menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada bapak Kajati dan seluruh pengurus Gojukai Komisariat Sulut yang mempercayakan Kabupaten Minahasa menjadi tempat pelaksanaan open turnamen karate Kajati Cup ini,”ungkapnya.

Lanjut bupati ROR, menyampaikan selamat datang kepada seluruh atlit dari berbagai daerah di tanah Minahasa, karena kurang lebih 700 atlit yang hadir ini akan mensukseskan open turnamen karate di Tondano.

“Semoga kegiatan ini boleh berjalan dengan lancar hingga selesai. Sebab, kenangan yang ada di Minahasa dapat dibawah pulang para kontingen supaya bisa kembali lagi di Tondano,”harapnya.

Sementara itu, Kajati Sulut Edi Burton, SH, MH membawakan sambutan sekaligus membuka kegiatan open turnamen Karate ini ditandai dengan pemukulan tetengkoren pertanda pertandingan resmi dibuka.

Sambutan Kajati ini, diwali ini dengan mengajak kepada semua atlit untuk mengikuti seruan suku orang Minahasa sambil berteriak “I Yayat u Santi” serentak dibalas oleh para atlit dengan berteriak ‘Uhuuy”. Seruan itu, artinya memberikan semangat kepada atlit untuk berkompetisi dalam memperebutkan Trophy Bergilir Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara dan Trophy Tetap Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring, MSi (ROR).

Menurut Kajati Birton, kegiatan open turnamen ini diprakarsai oleh keluarga besar Gojukai yang pertama di Indonesia, sekaligus kedua dalam masa kepemimpinan pengurus karate Gojukai Komisariat Sulut.

“Sebagai ketua umum yang dipercayakan kepada kami untuk memimpin Karate-Do Gojukai Indonesia Komda Sulut ini, maka dari itu kita memiliki komitmen untuk membesarkan nama baik Gojukai pada khususnya dan Karate pada umumnya,”ujarnya.

Saat ini, menurut Birton, dirinya bersama pengurus akan merealisasikan program awal, yaitu karate open turnamen Kajati Cup ke III memperebutkan Trophy Bergilir Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara dan Piala Tetap Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring, MSi (ROR) Tahun 2022.

“Saya berharap agar karate di Provinsi Sulut ini benar-bebar jaya dan berprestasi, semoga dapat menjadi percontohan seluruh Provinsi di Indonesia,”bebernya.

Kajati Cup ke III ini merupakan kegiatan rutin kami yang pertama, dimulai dari Tahun 2019 dan kedua pada Tahun 2020. Sementara 2021 tidak dilaksanakan karena dilanda Pandemi Covid 19, dan nanti pada Tahun 2022 digelar lagi kejuaraan open turnamen karate.

“Olah raga ini adalah sala satu kegaiatan yang sangat bagus untuk semua kalangan, karena disamping untuk melakukan hal-hal positif, juga menjadi keseimbangan jiwa dan raga maupun psikologis serta mental kita,”kata Kajati.

Lanjutnya, karate ini disamping memupuk prestasi bagi adik-adik remaja, juga dipergunakan untuk membela diri kita sendiri dan orang lain, bahkan keluarga.

“Saya berharap kepada orang tua marilah selalu mengajarkan dan mengarahkan anak-anak kita untuk mengisi kekosongan waktu dengan berolah raga. Karena dengan olah raga, kita bisa berkompetisis dan membawa nama harum keluarga, daerah, bahkan negara,”tukas Birton.

Dengan kegiatan olah raga, bisa meminimalisir para anak anak kita melakukan hal-hal yang tidak di inginkan.

“Kepada para atlit saya berharap dapat menjunjung tinggi sportivitas sepanjang kejuaraan berlangsung sehingga dari turnamen ini, bisa muncul atlet yang dapat diandalkan baik di tingkat daerah maupun nasional, bahkan Internasional,”tutupnya.

Sebelumnya, Bupati ROR menghadiri kejuaraan terbuka Karate Kajati Cup III di hari pertama pada, Jumat (22/7/2022) kemarin. Kemudian didaulat oleh Panitia Pertandingan untuk menyerahkan medali emas, perak dan perunggu kepada para pemenang yang sudah menyelesaikan pertandingan pada kejuaraan Karate Cup III di Tondano ini.

Turut hadir pada pembukaan kejuaraan Kajati Cup III, Ketua Umum Gojukai Indonesia Komisariat Daerah Sulut Bapak Edi Birton, SH MH bersama Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Sulut Ny. Lilien Edi Birton, Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring, MSi bersama ibu Dra. Ny. Fenny Roring-Lumanauw, SIP, Wakajati Sulut Bapak Fredy Runtu, SH, para Asisten Kajati dan Jajaran, Ketua Dewan Guru Gojukai Sulut Bapak Josis Ulrich Ngantung. Kejari Se- Sulawesi Utara.

Mewakili Gubernur Sulut, hadir Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Sulut Marsel Sendouw, M.Si, mewakili Ketua Umum KONI Sulawesi Utara Prof. Dr. Beatrix Pondung, M.Kes AIFO, Kejari Minahasa Selaku Ketua Panitia Pelaksana Bapak Diky Octavia SH MH bersama Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Minahasa Ny. Dewi Diki Octavia dan jajaran, Kapolres Minahasa AKBP Tommy Bambang Souissa, SIK dan Sekretaris Daerah Minahasa Frits Muntu, S.Sos dan jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa. (Advetorial)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Iklan
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?