Connect with us

Kepulauan Talaud

Bupati Talaud Lakukan Panen Perdana di Rainis, Saweduling: Luas Lahannya 3,5 Hektar

Dimuat

pada

Kegiatan panen perdana yang dihadiri oleh Bupati E2L. //foto: tni.

RAINIS – Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud dr Elly Engelbert Lasut, ME didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Drs Melksion Saweduling, MM, ME melakukan panen perdana jagung dan kacang tanah di Desa Rainis Batupenga, Kecamatan Rainis pada Kamis (26/8/2021).

Camat Rainis Maraden Mangkey, S.Sos menyebutkan bahwa kegiatan panen dari dua komoditas ini dilaksanakan di kebun Kelompok Tani (Poktan-red) El-Shadai di atas lahan milik keluarga Awulle-Alotia.

Mengawali pelaksanaan panen, Bupati E2L mengatakan bahwa meskipun situasi sekarang ini berada dalam kecemasan dengan ancaman penularan virus corona, namun Talaud senantiasa ada dalam penyertaan Tuhan Yang Maha Esa.

“Sehingga hari ini ada syukur atas berkat Tuhan, karena jagung dan kacang tanah Tuhan tumbuhkan melalui usaha warga petani sampai boleh menikmati hasil panen saat ini,” kata Bupati.

Ia juga memberikan apresiasi kepada petani Desa Rainis Batupenga khususnya pada Kelompok Tani El-Shadai yang diketuai oleh Agustinus Awulle.

“Saya mengucapkan selamat atas keberhasilan usaha tani yang dicapai pada panen ini, kiranya keberhasilan ini akan dapat memotivasi untuk menjalar ke petani lainnya sehingga pembangunan pertanian di Talaud semakin maju dan berkualitas”, ucap Lasut.

Dalam kesempatan itu pula Bupati Lasut tak hentinya mengajak dan memotivasi petani di Tanah Porodisa untuk bertekun dan ulet dalam melaksanakan kegiatan usaha tani dalam rangka mewujudkan ketahanan dan kedaulatan pangan.

Dengan belajar dari kebun poktan El-Shadai meskipun pada lahan berbatu karang namun ketika dikelola dengan serius, tanaman bertumbuh subur dan dapat memberikan hasil yang maksimal sebagaimana yang kita panen sekarang.

Kadis DKPP dalam laporannya mengatakan bahwa pelaksanaan panen jagung dan kacang tanah ini dilakukan diatas kebun dengan perkiraan luas tanam masing-masing yakni jagung 2,5 hektar dan kacang tanah 1 hektar. “Jadi luasan seluruhnya sekira 3,5 Hektar,” ujar Saweduling.

Sejumlah pejabat Pemerintah Daerah turut hadir dalam kegiatan panen ini diantaranya, Asisten I Tata Pemerintahan dan Kesra Daud Malensang S.Sos, Kepala BKPSDM Ivone Kapojos, Kepala BP2RD, Kepala Satpol-PP Adrianson Taarega, juga para Kepala Desa se Kecamatan Rainis, Tokoh Agama dan Tokoh Adat setempat. (tni)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?