Connect with us

Kepulauan Talaud

Dandim 1312/Talaud Tutup TMMD ke 110 Tahun di Kabupaten Talaud

Dimuat

pada

Penutupan TMMD ke 110 Tahun yang dilaksanakan di Makodim 1312/Talaud. //foto: ja

MELONGUANE – Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 110 tahun yang dilaksanakan di Kabupaten Kepulauan Talaud akhirnya selesai. Dimana hal ini terlihat dalam Kegiatan Penutupan TMMD di wilayah Kodim 1312/Talaud pada Rabu (31/03/2021) di Makodim 1312/Talaud.

Dalam sambutannya Dandim 1312/Talaud Letkol Czi Irwan Guptarochman N.ST mengatakan bahwa ada dua kegiatan yang telah dicapai dalam kegiatan TMMD kali ini yakni kegiatan fisik dan non fisik.

“Adapun sasaran yang sudah tercapai terdiri dari dua kegiatan yaitu kegiatan fisik yang meliputi pembuatan akses jalan produksi pertanian di Desa Mala Timur menuju ke rencana lokasi pemukiman baru sampai ke Lokasi makam kuno/cagar budaya serta ke lokasi wisata perkebunan buah. Untuk kegiatan non fisik diantaranya Penyerahan Sembako, Sosialisasi tentang Hukum dan Kamtibmas, sosialisasi tentang wawasan kebangsaan, sosialisasi tentang Pencegahan Covid-19, Sosialisasi tentang Rekrutmen TNI, Sosialisasi tentang Pendidikan, Pelayanan Posbindu dan Stunting,” ungkap Dandim 1312/Talaud.

Selain itu sambungnya lagi, ada kegiatan Sosialisasi tentang Penyakit Tidak Menular (PTM), Sosialisasi Bahaya Radikalisme, Sosialisasi Bahaya Narkoba, Pemutaran Film Perjuangan, Penyuluhan Pertanian, Penyuluhan Kerukunan Hidup Umat Beragama, Penyuluhan Bela Negara, Penyuluhan Kesehatan dan Sosialisasi Pengiriman Tenaga Kerja ke Jepang.

Dengan adanya akses jalan baru dengan jarak 3.360 meter dan lebar 14 meter, timbunan sirtu 7 meter dan 6 Plat deker serta 3 jembatan darurat ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam mengangkut hasil kebun seperti kelapa, jagung, pala dan cengkih bahkan juga mempermudah akses ke situs budaya makam kuno (para Datu-red) dan lokasi perkebunan buah-buahan.

“Harapan kami dengan selesainya pembuatan akses jalan ini diharapkan dapat meningkatkan hasil produksi pertanian dan perkebunan, memelihara kearifan lokal setempat dan mempercepat pembangunan di wilayah Kabupaten Talaud serta mewujudkan Talaud maju dengan fasilitas masyarakat yang komplit serta SDMnya yang semakin berkualitas, unggul, mandiri serta punya spiritualitas yang tinggi, kreatif, dan inovatif serta memiliki karakter kebangsaan yang kuat,” tukasnya.

Di kesempatan ini lanjutnya lagi, saya selaku Dansatgas TMMD ke 110 tahun di wilayah Kodim 1312/Talaud menyerahkan sepenuhnya hasil pekerjaan fisik kepada pemerintah daerah. Diharapkan kedepannya agar dapat ditingkatkan sampai dengan pengaspalan serta dapat dijaga dan dipelihara sebaik mungkin.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Pemerintah Daerah yang diwakili oleh Asisten I Tata Pemerintahan dan Kesra Daud Malensang, S.Sos serta Forkopimda. (tni)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?