Connect with us

Kepulauan Talaud

Dapati Fakta Baru, Polres Talaud Bakalan ‘Kejar’ Kasus Korupsi Dandes Kakorotan

Dimuat

pada

Unit Tipikor Polres Kepulauan Talaud saat melakukan penyitaan dokumen pada kasus dugaan korupsi Dandes Kakorotan beberapa waktu lalu di Kantor BPKAD Talaud. //foto: hmspolres

MELONGUANE – Kasus dugaan tindak pidana korupsi di Desa Kakorotan Kecamatan Nanusa Kabupaten Kepulauan Talaud yang menyeret oknum Kepala Desa BR dan Bendahara WT terkait penyalahgunaan Dana Desa (Dandes) 3 tahun berturut-turut (2017 s/d 2019- red) dengan jumlah kerugian mencapai Rp505.026.288 terus berproses.

Saat dikonfirmasikan hal ini, Kasat Reskrim Polres Kepulauan Talaud Iptu Ricky Hermawan, S.Tr.K membenarkan bahwa kasus ini sementara bergulir.

“Kasus ini sudah dalam tahap penyidikan. Kemarin saya dapat fakta sepertinya akan bertambah nilai kerugiannya, tapi yang berwenang menyatakan itu bukan dirinya. Nanti ahli yang menghitung kerugian negara baik instansi terkait seperti Inspektorat atau di TKP,” ucap Hermawan saat ditemui awak media pada Senin (22/03/2021) di ruang kerjanya.

Lanjutnya lagi, bahwa pihaknya akan berencana akan melakukan penghitungan kembali karena dasar kami turun ke Kakorotan ternyata banyak fakta-fakta baru dari masyarakat. Modus operandinya adalah kegiatan fiktif yang tidak ada kegiatannya dengan ada kegiatan kegiatan tapi mark-up.

“Ada satu point pengadaan hewan ternak. pertanggung jawabannya ada namun setelah diklarifikasi ternyata tidak pernah ada pengadaan hewan ternak itu. Berarti itu adalah fiktif. Sedangkan kegiatan yang di mark-up itu adalah pembangunan gapura yang pertanggung jawabannya berbeda dengan riilnya baik pengadaan barang-barang/material dengan honor itu tidak sesuai dengan riilnya yang dibayarkan, dengan yang dibuat dalam pertanggung jawaban sehingga ada selisih,” pungkasnya. (tni)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?