Connect with us

Minahasa

Dari 11 Kabupaten, Pemkab Minahasa Jadi Percontohan Penilaian Bapelitbangda Sulut

Dimuat

pada

Kepala Bidang Statistik Bappelitbangda Minahasa Jenny T. Manoreh, S.Pi, M.Si

Minahasa – Dari 11 Kabupaten dan 4 Kota yang ada di Sulawesi Utara (Sulut), satu-satunya daerah menjadi penilaian yang baik dari Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Provinsi Sulawesi utara adalah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa dari 6 Kabupaten lain yang terpilih.

Buktinya, Bappelitbangda Kabupaten Minahasa dipilih untuk mempresentasikan penilaian Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD), terkait perencanaan pembangunan yang telah disusun pada tahun 2020 untuk tahun 2021 dihadapan tim penilai di hotel Arta Duta, Selasa (9/2/2021) lalu.

Menurut Kepala Bappelitbangda Minahasa Philip Siwi, SE melalui Kabid Statistik, Jenny. T. Manoreh, S.Pi, M.Si, untuk proses penilaian dari tim penilai adalah penyusunan perencanaan pembangunan dari tahun sebelumnya atau 2020 untuk pembangunan tahun 2021, melalui pemasukan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) serta capaian kinerja Bupati itu sendiri.

“Selain rencana pembangunan di tahun 2020 untuk 2021, juga indikator-indikator capaian termasuk inovasi yang kita laksanakan di tahun ini akan dinilai. Bahkan, inovasi yang menonjol dibidang kesehatan khususnya pelayanan Puskesmas Tombulu dan Pineleng, jadi paparan Kaban Pelitbangda Philip Siwi, dihadapan tim penilai dua hari yang lalu di Arta Duta,”ungkap Manoreh kepada wartawan XMANADONEW.CO.ID, Kamis (11/2/2021) siang tadi diruang kerjanya.

Penilaian ini, menurut Manoreh, jadi salah satu prestasi yang membanggakan bagi Pemkab Minahasa dibawah kepemimpinan Bupati dan wakil Bupati Minahasa (ROR-RD), karena rencana pembangunan kita mendapat nilai yang bagus dari Bappelitbangda Sulut, sehingga dipilihlah untuk memaparkan indikator dan inovasi capaian pembangunan di Minahasa seperti apa.

“Penialaian ini akan berlanjut tidak hanya di tingkat Provinsi, melainkan ditingkat pusat. Sebab, dari 11 kabupaten cuma 6 yang masuk nominasi dan Minahasa masuk kategori itu,”jelas Manoreh.

“Semoga hasil paparan kami terkait rencana pembangunan mendapat nilai yang bagus, sehingga boleh menduduki peringkat pertama. Karena jika mendapatkan juara satu, sebagai bentuk penghargaan dari Bappenas dan Kemenkeu untuk Pemkab Minahasa bakal mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID),”harapnya. (Erwien Bojoh)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?