Connect with us

Kepulauan Talaud

Demi Awasi Orang Asing di Tanah Porodisa, Pemkab Talaud Gelar Rakor Bersama Timpora

Dimuat

pada

Pemerintah Daerah Kabupaten Talaud bersama Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) pada Jumat (18/6/2021) di Aula Penginapan Permata Dua Melonguane. //foto: hm.

MELONGUANE – Dalam rangka melakukan pengawasan terhadap orang asing di Kabupaten Kepulauan Talaud, Pemerintah Daerah Kabupaten Talaud bersama Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) pada Jumat (18/6/2021) di Aula Penginapan Permata Dua Melonguane.

Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud dr Elly Engelbert Lasut ME melalui Asisten I Tata Pemerintahan dan Kesra Daud Malensang, S.Sos mengatakan bahwa Rakor ini dilakukan dalam rangka mengintensifkan pengawasan terhadap orang asing di Kabupaten Talaud, mengingat Kabupaten Talaud adalah salah satu daerah yang berbatasan langsung dengan Filipina. “Sehingga sangatlah penting jika hal seperti ini di koordinasikan bersama dengan instansi terkait,” kata Malensang.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tahuna, Novly Momongan dalam kesempatan yang sama pun menyampaikan bahwa Timpora adalah amanah dari Undang Undang No 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian, sebagaimana tertuang dalam Pasal 69 ayat 1 yang bunyinya bahwa Untuk melaksanakan Pengawasan Keimigrasian terhadap Kegiatan Orang Asing di wilayah Indonesia, Menteri membentuk Tim Pengawasan Orang Asing yang anggotanya terdiri atas Badan atau Instansi Pemerintah terkait, baik di Pusat maupun Daerah.

“Mengacu pada Undang-undang Keimigrasian yang sifatnya selektif policy maka visa hanya akan diberikan kepada Orang Asing yang memberikan manfaat serta tidak membahayakan keamanan dan ketertiban sehingga diperbolehkan masuk ke wilayah Indonesia,” pungkasnya. (tni)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?