Connect with us

Kepulauan Talaud

Dilaporkan Hilang, Om Lukas Nelayan Asal Mamahan Berhasil Ditemukan

Dimuat

pada

DITEMUKAN : Lukas Murahang warga mamahan yang dilaporkan hilang saat melaut, berhasil ditemukan dalam keadaan selamat.

MELONGUANE–Seorang nelayan bernama Lukas Murahang (61), warga Mamahan, Gemeh, Talaud yang dilaporkan hilang saat melaut sejak Sabtu (13/02/2021) malam, akhirnya ditemukan dalam kondisi selamat, Minggu (14/02) sore.

Informasi diperoleh menyebutkan, korban pergi melaut seorang diri menggunakan perahu jenis pamboat warna dominan hijau, Sabtu dini hari sekira pukul 03.00 wita.

Saat itu korban hendak menangkap ikan di ponton sekitar perairan antara Mamahan dan Kepulauan Karatung, Kecamatan Nanusa, Kabupaten Kepulauan Talaud.

Korban yang diperkirakan kembali ke rumah Sabtu sore, tak kunjung datang. Sontak hal inipun menimbulkan kekhawatiran bagi keluarga, terlebih mereka hilang kontak sekira pukul 18.00 wita.

Tak lama kemudian, pihak keluarga melaporkan hal tersebut kepada pemerintah setempat melalui Plt Kepala Desa Mamahan Barat F. Tamamilang dan Polsek Gemeh.

Selanjutnya pada Minggu pagi, pemerintah setempat bersama Polsek Gemeh dibantu warga, mengerahkan tiga unit perahu jenis pamboat untuk mencari korban di sekitar perairan Gemeh dan Nanusa.

Upaya bersama tersebut pun membuahkan hasil menggembirakan. Minggu sore sekitar pukul 16.00 wita, korban berhasil ditemukan dalam kondisi selamat, di sekitar perairan Nanusa, tepatnya di belakang Pulau Garat.

Korban ditemukan bersama perahunya yang berukuran sekitar 6 meter dengan mesin Ryu 9,5 PK. Selanjutnya korban bersama perahunya ditarik menggunakan perahu lain menuju Desa Mamahan Barat, dan tiba sekira pukul 21.45 wita.

Sementara itu Kapolsek Gemeh Ipda Glen Damar membenarkan kejadian tersebut. “Keterangan korban, mesin perahunya mengalami kerusakan lalu terbawa arus hingga ke perairan Nanusa,” jelasnya.

Kapolsek juga mengimbau nelayan agar mengutamakan keselamatan. “Sebelum melaut, perhatikan kondisi cuaca, lalu perahu, mesin, peralatan, dan perbekalan, juga kondisi kesehatan. Jika hal-hal tersebut tidak memungkinkan, sebaiknya jangan melaut. Ini demi mencegah kejadian yang tidak diinginkan,” pungkasnya.

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?