Connect with us

Bitung

Diresmikan Wali Kota, Satlantas Polres Bitung Pertama di Sulut Wujudkan Kelurahan Tertib Lalu Lintas

Dimuat

pada

Wali Kota Bitung Maurits, Mantiri meresmikan Kelurahan Tertib Lalu Lintas, Sabtu (25/09/2021).

BITUNG–Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri resmi melaunching Kelurahan Tertib Lalu Lintas, Sabtu (25/09/2021).

Peresmian itu ditandai dengan penguntingan pita di Gerbang Kelurahan Batu Putih Atas, Kecamatan Ranowulu.

Wali Kota bersama rombongan mengedarai motor

Usai resmi melaunching kelurahan tertib lalu lintas, Maurits Mantiri bersama Kapolres Bitung, AKBP Alam Kusuma S Irawan SH SIK MH, Kasdim 1310/Bitung, Mayor Inf Hardi Gue, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Bitung, Frenkie Son SH MH, Wakapolres Bitung, Kompol Hendra Dorizen dan Kasat Lantas Polres Bitung, AKP Awaludin Puhi SIK mengenderai motor melakukan peninjauan dan melihat langsung simulasi yang diperankan Pala, RT, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda dalam hal melaksanan tugas pegamanan tertib berlaulintas.

Dalam perjalanan itu, Maurits dan rombongan diperlihatkan bagaimana para petugas tertib lalu lintas ini menjalankan tugas dan fungsinya. Mulai dari memberhentikan kendaraan saat para siswa menyebrang jalan, hingga penanganan saat terjadi laka lantas.

Wali Kota bersama rombongan melihat langsung simulasi cara petugas pengamanan lulu lintas menangani saat terjadi laka lantas

Kasat Lantas Polres Bitung, AKP Awaludin Puhi SIK dalam laporannya mengatakan, terbentuknya kelurahan tertib lalu lintas ini karena banyaknya pengeluhan masyarakat terhadap para pelanggar kendaraan bermotor yang menyebabkan sering terjadinya laka lantas.

Kasat Lantas Polres Bitung, Awaludin Puhi SIK menyampaikan laporan terbentuknya Kelurahan Tertib Lalu Lintas

“Kita pilih Kelurahan Batu Putih Bawah dan Atas sebagai Kelurahan Tertib Lalu Lintas karena lokasinya sangat jauh dari Polres Bitung. Para petugas pengamanan lalu lintas  ini sengaja kita latih agar ketika terjadi laka lantas mereka sudah paham dan mengerti apa yang harus dilakukan. Terutama penangannya, seperti melakukan pertolongan pertama, hingga mendokumentasikan TKP. Sehingga sebelum anggota Satlantas Polres Bitung datang ke TKP penanganan sudah terlebih dulu diatasi oleh petugas pengamanan lalu lintas,” ujar Awaludin.

Lanjut Awaludin, lewat program Kelurahan Tertib Lalu Lintas ini juga masyarakat bisa menjadi pelopor taat berlalulintas untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas dan itu dimulai dari Kelurahan Batuputih Atas serta Bawah.

“Kelurahan Batuputih Atas dan Bawah adalah kelurahan percontohan kelurahan tertib lalu lintas dan Polres Bitung adalah yang pertama di Sulut melakukannya,” katanya.

Menurutnya, dipilihnya Kelurahan Batuputih Atas dan Bawah selain lokasi yang jauh. Pun kata dia, dua kelurahan ini adalah wikayah destinasi pariwisata yang sudah mendunia sehingga perlu didukung budaya tertib lalu lintas dan taat hukum.

“Program ini telah kita mulai dari bulan Juli. Kita berharap dari dua ini kelurahan tertib lalu lintas bisa diikuti oleh semua kelurahan yang ada di Bitung. Kelurahan Batu Putih Bawah dan Atas adalah kelurahan percontohan tertib lalu lintas,” pungkasnya.

(JamalGani)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?