Connect with us

Kepulauan Sangihe

Ditengah Pandemi Covid 19, Dispar Sangihe Targetkan PAD Capai 100 Juta di Tahun 2021

Dimuat

pada

Jefry Tilaar SE ME. Kadispar Sangihe

Peliput: Fitri Lumiu

TAHUNA,
Guna peningkatan ekonomi Nasional di tengah pandemi covid-19, Dinas Pariwisata (Dispar) Daerah Sangihe tetap mengupayakan di tahun 2021 ini ada target Pendapatan Asli Daerah (PAD) senilai kurang lebih Rp 100 juta.

“Kami menargetkan PAD ini karena ternyata, meski di tengah-tengah pandemi, wisatawan lokal cukup berminat untuk mengunjungi tempat wisata pantai ataupun tempat permandian, makanya kami menargetkan PAD,” kata Kadispar Daerah Sangihe Jefry Tilaar SE ME.

Lanjut dia, pemungutan retribusi mengacu ke Peraturan Daerah (Perda) nomor 5 tahun 2011 tentang retribusi jasa usaha khususnya karcis, retribusi orang masuk di lokasi wisata, parkir kendaraan, peminjaman alat termasuk penggunaan gedung yang diatur sekali pakai.

“Kami punya Perda, tidak berani mau menetapkan retribusi kalau tidak ada Perda, nanti terkesan ada pungutan liar. Dan melihat perkembangan memasuki dua bulan ini realisasi penerimaan nanti ada kunjungan ke lokasi wisata,” jelas Tilaar.

Diungkapkannya, tidak semua lokasi wisata di Sangihe yang dipungut retribusi mengingat masih dalam pandemi Covid-19, sehingga Dispar memilih lokasi wisata yang luas seperti pantai, agar meski banyak pengunjung tapi masih bisa menjaga jarak.

“Jadi yang dikenakan retribusi sekarang yang dikelola Dispar diantaranya, Pantai Ria Kolongan Beha, Pantai Pesona Sangihe yang memiliki kolam renang, Pantai Pananualeng,”tuturnya.(*).

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?