Connect with us

Advertorial

DPRD Bentuk Pansus Bahas 4 Ranperda Usulan Eksekutif

Dimuat

pada

AMURANG-  Awal pemerintahan Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Selatan (Minsel), Franky D Wongkar dan Petra Y Rembang langsung mengusulkan ke DPRD 4 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang pro rakyat untuk dijadikan Perda.

Hal ini terlihat dalam rapat paripurna yang dipimpin  Wakil Ketua Stefanus Lumowa SE didampingi Wakil Ketua Paulman Runtuwene, dan Ketua DPRD  Jenny Tumbuan SE via vidcon.

Dalam paripurna tersebut  Stefanus Lumowa menegaskan, pentingnya digelar Paripurna guna mendengarkan apa yang menjadi pokok-pokok pikiran DPRD. “Harus dipahami bahwa pokok pikiran DPRD adalah bentuk rangkuman usulan masyarakat yang terangkum dalam semua urusan kewenangan pemerintah daerah,” kata salah satu kader terbaik dari PDIP.

Selain itu Lumowa juga menambahkan usulan Ranperda ini sifatnya sangat penting karena merupakan dokumen yang mengarah pada tujuan pemerintah daerah sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Minsel.

 “Ini merupakan makna tersendiri bagi pemerintahan FDW-PYR karena tahun pertama penyusunan rencana pembangunan daerah sesuai dengan visi dan misi pak bupati dan wakil bupati,” ungkap Lumowa.

Dalam hal pembahasan awal atas pengusulan empat Ranperda tersebut, Lumowa juga berharap, jika ini bisa dijadikan sebagai landasan yang kuat dalam penyusunan perencanaan pembangunan jangka pendek tapi juga sasaran lainnya. Apalagi dalam sinergitas antara pemerintah daerah dan  pemerintah provinsi.

Sementara itu Bupati Minsel Franky D Wongkar menyatakan, usulan empat Ranperda tersebut sangat penting  karena melihat situasi dan kondisi daerah serta menyesuaikan dengan visi dan misi pemerintah yang ada.

Dikatakan Wongkar, penyampaian empat Ranperda di lembaga DPRD ini karena, DPRD memiliki peran penting dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD). 

“Ada banyak aspirasi masyarakat yang belum terwujud, makanya pemerintahan sekarang ini berupaya untuk mewujudkan aspirasi masyarakat Minsel yang dituangkan dalam visi dan misi pemerintah daerah,” jelas Wongkar saat membawakan penyampaian di atas podium.

Atas pokok pikiran yang disampaikan DPRD tersebut eksekutif langsung menerima. Dengan harapan pembahasan Empat Ranperda dapat dibahas sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Dari hasil sidang paripurna tersebut akhirnya terbentuklah tim panitia khusus (Pansus) untuk membahas empat Ranperda tersebut. (red)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?