Connect with us

Kepulauan Talaud

Dua WNA Asal Filipina Diserahkan Lanal Melonguane ke Pihak Imigrasi Kelas II TPI Tahuna

Dimuat

pada

Penyerahan dua WNA asal Filipina oleh Lanal Melonguane kepada pihak Imigrasi Kelas II TPI Tahuna, Rabu (31/03/2021) di Lapangan Tembak Lanal Melonguane. //foto: istimewa

MELONGUANE – Penyerahan Warga Negara Asing (WNA) asal negara tetangga yakni Filipina kembali dilakukan oleh Lanal Melonguane kepada pihak Imigrasi Kelas II TPI Tahuna. Kegiatan ini digelar pada Rabu (31/03/2021) di Lapangan Tembak Lanal Melonguane.

Menurut Komandan Lanal (Danlanal) Melonguane Letkol (Mar) Adi Sucipto S.T, M.Tr.Hanla bahwa penyerahan kedua WNA ini telah dilakukan dan sudah diterima oleh pihak Imigrasi kelas II Tahuna. Bahkan untuk proses hukum selanjutnya diserahkan kepada yang berwenang.

Pada kesempatan yang sama Kepala Seksi Intelejen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tahuna Wawan A. Mido mengatakan bahwa kedua WNA ini akan dibawa untuk diproses sesuai dengan Undang-Undang yakni Undang-Undang nomor 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian.

“Keduanya terbukti secara ilegal memasuki daerah perairan Indonesia tanpa mengantongi paspor dan surat-surat penting lainnya. Sehingga hal ini nantinya akan diproses sesuai dengan Undang-Undang nomor 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian,” ujar Mido.

Diketahui kedua WNA yang bernama Felix Amarela (30) dan Alexander Bantiles (53) ini masuk ke wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud tanpa mengantongi surat-surat (paspor dan visa-red) sehingga dinyatakan ilegal.

Meski hal ini sudah terjadi, ternyata didapati ada kisah dibalik ‘terdamparnya’ kedua WNA ini. Dimana lelaki paruh baya (Alexander Bantiles-red) ini masuk ke perairan Kabupaten Talaud karena diakibatkan mesin perahu miliknya mengalami kerusakan saat sedang melaut sehingga selama berhari-hari terkatung-katung di laut yang kemudian ditemukan oleh nelayan Desa Kalongan. Sedangkan Felix Amarela diketahui telah lama berada di Indonesia sejak lima tahun yang lalu namun tidak memiliki sejumlah dokumen keimigrasian.

Penyerahan kedua WNA asal negara yang dipimpin oleh Presiden Rodrigo Duterte ini disaksikan langsung oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Daud Malensang, S.Sos. (tni)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?