Connect with us

Ekonomi & Bisnis

Dukung Program Pemerintah Pusat, PLN Wilayah Suluttenggo Sosialisasi Stimulus Listrik Triwulan II ke YLKI dan Ombudsman

Dimuat

pada

MANADO- Dalam masa pandemi Covid-19 ini, pemerintah kembali memperpanjang stimulus listrik bagi masyarakat kurang mampu dan para pelaku usaha. Perusahan Listrik Negara (PLN) yang juga selaku pelaksana program stimulus listrik itu, mendukung pemerintah dengan cara sosialisasi masa periode April hingga Juni.


Adapun upaya PLN Unit Induk Wilayah Suluttenggo dalam mengoptimalkan penyampaian dan penyebarluasan informasi terkait stimulus listrik, baik secara langsung kepada masyarakat maupun melalui media-media massa.

Kesempatan itu, PLN Unit Induk Wilayah Suluttenggo di bawah pimpinan General Manager Leo Basuki, melakukan pertemuan bersama Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sulawesi Utara. Pertemuan disambut langsung oleh Ketua YLKI Sulut Aldy Lumingkewas. 


YLKI sendiri merupakan salah satu lembaga tempat pengaduan dari pelayanan publik termasuk melayani pengaduan pelanggan PLN. Untuk itu perlu adanya penyampaian skema stimulus listrik Triwulan II itu, agar supaya pelanggan mendapatkan informasi yang benar terkait skema program stimulus.


“Stimulus yang diberikan merupakan bentuk perlindungan sosial yang diberikan pemerintah untuk masyarakat di tengah pandemi Covid-19. PLN berharap hadirnya stimulus listrik ini dapat mendorong masyarakat dan pelaku usaha tetap produktif, serta meningkatkan daya beli masyarakat,” kata Leo Basuki di sela-sela pertemuan, Senin (29/3).

Di tempat yang sama, Senior Manager Niaga dan Pelayanan Pelanggan Maria Gunawan menambahkan, jalannya program tersebut berdasarkan surat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, stimulus periode April hingga Juni.

“Untuk besarannya akan diberikan separuh dari periode sebelumnya. Sebagai informasi, bagi pelanggan pascabayar diskon diberikan dengan langsung memotong tagihan rekening listrik pelanggan. Sementara untuk pelanggan prabayar, diskon tarif listrik diberikan saat pembelian token listrik” tuturnya.


Usai melakukan pertemuan bersama YLKI Sulut, rombongan melanjutkan kunjungan ke Kantor Ombudsman Perwakilan Sulut dan diterima langsung oleh Kepala Perwakilan Ombudsman Sulut Meilany Fransisca Limpar, SH, MH. Dalam pertemuan tersebut, Ombudsman Perwakilan Sulut mengapresiasi langkah PLN dalam melakukan sosialisasi terkait dengan ketentuan skema stimulus listrik Triwulan II.

“Kami sebagai salah satu lembaga pelayanan publik yang banyak menerima laporan pengaduan dari masyarakat. Memang kami sangat memerlukan informasi seperti ini, agar nantinya ada laporan masyarakat mengenai ketentuan skema baru sudah dikantongi kami terlebih dahulu. Serta kami juga memberi saran kepada PLN untuk terus melakukan sosialisasi secara masif kepada masyarakat melalui semua sarana komunikasi baik secara langsung maupun melalui media massa yang ada,” jelasnya. 


Di tempat yang sama, Senior Manager SDM dan Umum, Galih Chrissetyo menerangkan, PLN telah melakukan langkah-langkah terorganisir dalam menyampaikan informasi terkait program tersebut. Tentunya dengan memanfaatkan berbagai sarana komunikasi baik media cetak, media eleltronik, Talkshow di Radio serta juga Media TV Lokal, dan juga media yang ada pada kami seperti media sosial (Facebook, Instagram, Twitter).


“Kami juga secara terus menerus menyebarluaskan informasi ini melalui media WAG Stakeholder (PLN menyapa) yang berjumlah 50 Group dengan jangkauan hampir 3000 Forkompinda sampai level Kepala Desa dan tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh agama,” terang Galih.


Adapun sambungnya, petugas-petugasnya di lapangan telah mendatangi rumah-rumah pelanggan dengan membawa surat informasi terkait dengan stimulus listrik Triwulan II. “Kami berharap semua masyarakat dapat mengetahui informasi ini, dan tentunya Posko Layanan juga akan disiapkan di Kantor ULP selain juga memaksimalkan komunikasi melalui New PLN Mobile,” tandas Galih.


Turut bersama pertemuan tersebut Senior Manager Niaga & Pelayanan Pelanggan Maria Gunawan, Senior Manager SDM & Umum Galih Chrissetyo, Manager UP3 Manado Andre Lengkong, dan Manager Strategi Pemasaran Bonifatius Wardhana.(*/onl)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?