Connect with us

Minahasa Selatan

FDW Gerilya di Pusat Loby Proyek Pro Rakyat

Dimuat

pada

DEMI RAKYAT: Bupati Minsel Franky D Wongkar didampingi Kadis PUPR Decky Tuwo saat melakukan pertemuan dengan Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi Ir Bastari MEng.

AMURANG – Perjuangan Bupati Minsel Franky D Wongkar untuk membangun daerah yang dicintainya, layak mendapatkan  jempol dari warga Minsel.

Pasalnya, setelah  usai lobi pembangunan  jalan jalur dua arah, kini pemimpin yang pro rakyat ini langsung bergerak cepat memperjuangkan sejumlah proyek besar.

“Semuanya pemerintah lakukan untuk kemajuan daerah dan untuk kesejahteraan masyarakat ,” tutur Wongkar, usai melakukan pertemuan dengan Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi  Ir Bastari MEng  yang ikut didampingi para pejabat struktural.

Dalam pertemuan tersebut FDW didampingi Kadis PUPR Minsel Dekky Tuwo dan Kabid SDA PUPR Franky Lukar.

Sejumlah program pembangunan yang diperjuangkan yaitu, pembangunan pengaman pantai teluk Amurang . Langkah ini dinilai sangat penting diperjuangkan, karena menjadi kebutuhan masyarakat.

“Buktinya saat terjadi bencana alam baru-baru pengaman pantai banyak yang rusak, makanya ini harus diperjuangkan supaya bisa mendapat bantuan pemerintah,” tutur Wongkar.

Kondisi tanggul pemecah ombak yang rusak waktu lalu Amurang- Tumpaan misalnya, menjadi salah satu tolak ukur pemerintah. “Dengan upaya yang kami lakukan diharapkan akan berhasil,” harap Wongkar sambil menambahkan selain Amurang-Tumpaan juga sejumlah titik lain seperti di Kecamatan Tenga dan Sinonsayang.

Selain hal tersebut sebut Bupati FDW juga memperjuangkan pembangunan air baku, baik  untuk air minum maupun kebutuhan irigasi.

Dimana lanjut Wongkar, Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi selanjutnya disingkat P3-TGAI juga telah diusulkan. Pada program tersebut yaitu  program perbaikan, rehabilitasi atau peningkatan jaringan irigasi dengan berbasis peran serta masyarakat petani yang dilaksanakan oleh Perkumpulan Petani Pemakai Air.

“Pada program ini pula melihat masih banyak wilayah yang kekurangan air bersih. Kondisi inilah yang mengharuskan pemerintah daerah berjuang keras supaya apa yang menjadi harapan masyarkat bisa terpenuhi satu persatu,” ungkap suami tercinta anggota Dewan Minsel Rosye Sumual ini.

Program lain juga yang diperjuangkan yaitu program IPDNIP. Dimana ini juga merupakan Bantuan ADB yang nantinya dana itu akan  dikucurkan untuk membangun irigasi serta dilaksanakan secara terpadu, antara Dinas PUPR, Bapelitbang dan Dinas Pertanian Kabupaten Minsel.

Atas permohonan tersebut Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi Kepala Balai Ir Bastari MEng menyatakan kesiapannya untuk menindaklanjuti usulan Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan. Menurutnya, permohonan Bupati FDW akan menjadi prioritas pemerintah.

“Akan diprioritaskan usulan tersebut. Apalagi tanggul pengaman pantai di tempat-tempat rawan terjangan ombak seperti di sepanjang jalan Boulevard yang pada beberapa waktu lalu diterjang ombak,” jelasnya.

Ditambahkan lagi, untuk tanggul penangkal ombak ini merupakan juga pembangunan lanjutan. Yaitu bangunan pengaman pantai Teluk Amurang serta pembuatan pengaman pantai di sepanjang pantai Kecamatan Sinonsayang, Tenga Amurang dan Kecamatan Tumpaan.

Sedangkan untuk progtam-program lain juga kata Bastari pemerintah akan memperhatikan hal itu. (red)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?