Connect with us

Minahasa

Forum PAUD Minahasa Gelar Diklat Dapodik Bagi Pimpinan Dan Operator Menuju Kemandirian Pengelolaan Data Lembaga

Dimuat

pada

Ketua Forum PAUD Kabupaten Minahasa Yulie Lidya Rumope, SPd

Minahasa – Forum Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) menggelar Pendidikan dan Pelatihan
Data Pokok Peserta Didik (Diklat-Dapodik) bagi pemimpin dan operator di sekolah PAUD se-Minahasa. Kegiatan ini berlangsung selama 7 hari di SMP N 1 Tondano, sekaligus dimulai pada, Rabu (17/2/2021) kemarin.

Menurut ketua Forum PAUD Minahasa Yulie Lidya Rumope, SPd, pelaksanaan Diklat Dapodik bagi Pemimpin dan Operator lembaga PAUD se-Minahasa ini, bertujuan untuk melatih agar pengiriman Data pokok pesrta didik tidak terlambat sampai dipusat.

“Ini mengacu pada pengalaman di tahun-tahun sebelumnya. Sebab, pengiriman Dapodik sering lewat waktu, sebut cut off atau batas sinkron kepusat, dikarenakan satu operator menangani beberapa lembaga atau sekolah. Untuk itu, dengan kita lalukan pelatihan bisa menciptakan SDM yang profesional, agar pengiriman data kepusat tidak terlambat,”kata Yulie yang juga ketua penyelenggara kegiatan Dikat PAUD, kepada xmanadonew.co.id, Kamis (18/2/2021) siang tadi.

“Kegiatan ini juga menjawab tantangan program Dinas Pendidikan, yang mengharapkan setiap lembaga PAUD memiliki operator Dapodik masing-masing,”tambahnya.

Pengiriman Dapodik, menurut Yulie, harus tepat waktu dan untuk mengejar jangan sampai terlambat, diadakanlah Diklat Dapodik yang diikuti oleh operator dan pemimpin PAUD sebanyak 236 dari 302 lembaga di Minahasa. Sebab, 236 lembaga ini sudah mempunya Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), antara lain sekolah TK, Kelompok bermain (KB), Tempat Penitipan Anak (TPA) dan Satuan Paud Sejenis (SPS).

“Sebelum batas penginputan data kepusat selesai, kita harus kebut pelatihan ini mengingat waktu cut off di tanggal 28 februari ini,”ungkap kepala TK Upus Ni Mana Tondano.

Diketahui bahwa Diklat Dapodik sangat bermanfaat bagi seluruh pimpinan dan operator PAUD, karena menyangkut aplikasi penginputan data yang telah disingkronkan langsung dengan Kementrian Pendidikan yang ada di pusat.

Kegiatan Diklat Dapodik ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Minahasa Drs Riviva Maringka, Rabu (17/2/2021) kemarin. (Erwien Bojoh)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?