Connect with us

Kepulauan Talaud

Hadiri Acara HUT ke 23 Tahun Pemuda GERMITA, Parapaga Apresiasi Program “Wette Ite Mabbaila”

Dimuat

pada

Rangkaian kegiatan HUT Pemuda Sinode GERMITA ke 23 Tahun sekaligus Pencanangan Gerakan Pemuda Menanam "Wette Ite Mabbaila" yang dihadiri oleh Wakil Bupati Talaud Drs Moktar Arunde Parapaga, Selasa (11/5/2021) di Bantane. //foto: tni

BANTANE – Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud Drs Moktar Arunde Parapaga menghadiri Acara Perayaan HUT Pemuda Germita ke 23 Tahun sekaligus di rangkaikan dengan Kegiatan Pencanangan Gerakan Pemuda Germita Menanam “Wette Ite Mabbaila” yang di laksanakan di Wilayah 05 Rainis pada Selasa (11/5/2021).

Kegiatan ini dilaksanakan di Jemaat Torsina Bantane dan bertempat di Lokasi Pertanian Kebun Sawah Desa Bantane Utara. Pada kesempatan ini juga Wakil Bupati Talaud membuka secara resmi kegiatan Pencanangan Gerakan Pemuda Germita Menanam “Wette Ite Mabbaila” yang akan di ikuti oleh 14 wilayah yang ada di Komisi Pelayanan Pemuda Sinode (KPPS).

Dalam sambutannya Wakil Bupati Parapaga mengapresiasi kegiatan Pencanangan Pemuda Menanam ini. “Kami sebagai Pemerintah Daerah Kabupaten Talaud mengapresiasi kegiatan Pencanangan Pemuda Menanam ini, dan bangga anak-anak pemuda begitu kreatif di Ulang Tahun ke 23 ini. Pemuda mampu melakukan inovasi yang luar biasa karena ketahanan pangan ini sangat dibutuhkan apalagi di masa pandemi. Terima kasih untuk kalian semua. Pemuda sudah berpikir tentang bagaimana meningkatkan ketahanan pangan di Talaud. Hal ini bisa memberikan menjadi role model anak muda di Talaud. Wette Ite Mabbaila ini bukan cuma sekedar ajakan tetapi tapi ini merupakan motivasi bahwa kebiasaan orang Talaud yang dulu berkebun, ” ucap Parapaga.

Lanjutnya bahwa saat ini pun pihaknya sedang berkonsentrasi memperkuat ketahanan pangan dan ekonomi. “Sesuai dengan visi misi kami yakni menjadikan Kabupaten Talaud ini menjadi kabupaten BERKAT (Bersih, Elok, Ramah, Kasih, Aman, Tangguh). Nah yang masuk kategori yang saat ini Pemuda Germita lakukan adalah di point terakhir yaitu Tangguh dalam artian Tangguh dalam ketahanan pangan,” tukasnya.

Saat dijumpai wartawan xmanadonew disela-sela kegiatan, sosok yang akrab di sapa Om Moktar ini mengatakan bahwa lokasi pertanian di Bantane ini memang sangat cocok.

“Untuk lokasi pertaniannya ini sangat bagus sekali dan ini nantinya ada program khusus yang harus dikembangkan terutama irigasi karena memang lokasi di Bantane ini adalah daerah pertanian. Pertanian kalau dikelola dengan baik maka beberapa bulan ke depan kita sudah bisa menikmati hasilnya. Saat ini pemerintah sementara berusaha mendatangkan bibit-bibit, pupuk dan peralatan dan dari kementerian sudah support terutama Kabupaten Talaud,” terangnya.

Diketahui bahwa untuk sampai ke lokasi kegiatan pencanangan ini harus melewati jalan rusak dan menyeberangi sungai sehingga perjalanannya semakin menantang.

“Ini yang ku mau seperti ini karena memang perjalanannya untuk sampai ke lokasi kegiatan ini sangat menantang. Saya juga sudah terbiasa karena memang dulunya adalah anak seorang petani. Jadi sekali lagi Selamat Ulang Tahun ke 23 Tahun buat Komisi Pelayanan Pemuda Sinode (KPPS) Germita,” ungkapnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini diantaranya Pdt Mercy Matoneng M.Teol, Sekcam Rainis Dekroly Adilang SP, Kapolsek Rainis Ipda Peter Nender dan anggota, Danramil 1312-05/Rainis dan anggotanya, Pendeta Wilayah 05 Rainis, Ketua BPHJ Torsina Bantane, Ketua KPPS Alten Banera S.Pd, M.Pd bersama Pengurus KPPS dan Satuan Koordinator Pelayanan (Satkorpel) Pemuda Sinode yang ada di 14 wilayah pelayanan, para Kepala Desa, Tokoh Adat, para Majelis/Pelayan Khusus yang ada di Jemaat Torsina Bantane, serta seluruh anggota pemuda se wilayah 05 Rainis yang hadir. (tni)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?