Connect with us

Kepulauan Talaud

Hadiri Pencanangan Program Gentaja Serentak, Parapaga : Mari Kita Sukseskan Program Ini

Dimuat

pada

Wakil Bupati Kabupaten Talaud Drs Moktar Arunde Parapaga saat menghadiri Kegiatan Pencanangan Serentak Program Gentaja, Sabtu (17/04/2021) di Desa Rae Selatan Kecamatan Beo Utara. //foto: istimewa

TALAUD – Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud Drs Moktar Arunde Parapaga (MAP) ikut dalam kegiatan Pencanangan Penanaman Serentak dalam program Gerakan Tanam Jagung (Gentaja) di seluruh wilayah Kabupaten Talaud, Sabtu (17/04/2021) di Desa Rae Selatan Kecamatan Beo Utara.

Kegiatan ini dilakukan demi mendukung visi misi Bupati dan Wakil Bupati dr Elly Engelbert Lasut, ME dan Drs Moktar Arunde Parapaga yaitu menuju Talaud yang diberkati, khususnya pada sektor pertanian.Dalam kegiatan ini Wabup Parapaga ikut menyerahkan secara simbolis kelengkapan penanaman seperti benih, pupuk, pestisida dan herbisida.

“Atas nama Bapak Bupati saya mengajak kepada seluruh petani untuk bersama-sama mensukseskan program Gentaja ini agar kedepannya komoditi ini betul-betul menjadi primadona baru bagi peningkatan ekonomi rakyat di Talaud. Tentunya dengan tidak meninggalkan komoditi lainnya yang selama ini telah menjadi tumpuan hidup para petani,” tukas Parapaga.

Lanjutnya lagi bahwa Bupati dan Wabup akan memberikan penghargaan sebagai apresiasi kepada tiga besar terbaik yang berhasil dalam program Gentaja ini yaitu dengan kategori tiga besar Camat terbaik, tiga besar Kades/Lurah terbaik dan tiga besar Kelompok Tani terbaik untuk diberi kesempatan melakukan studi banding ke Provinsi Gorontalo sebagai penghasil utama jagung yang sudah lebih dari satu dasawarsa dikenal sebagai salah satu eksportir jagung dalam perdagangan internasional.

Sementara itu Kadis DKPP Drs Melksion Saweduling, MM, ME yang juga merupakan penanggung jawab teknis program Gentaja, melalui Sekretaris Djemi Awasa, S.Pt melaporkan bahwa Pencanangan penanaman jagung ini dilaksanakan secara serentak di 18 Kecamatan dan 153 Desa/Kelurahan dengan total luasan 85,35 Ha.

“Untuk langkah strategis percepatan role model agribisnis jagung, pihaknya akan menggandeng kelompok tani Himpunan Bertani Lestari. Jika pemerintah pusat menargetkan luas tanam 10.000 Ha, maka diasumsikan dengan aktifnya 1.000 Poktan di seluruh Talaud program ini bisa berhasil,” ungkap Saweduling.

Camat Beo Utara Marlin Atang, S.IP dan Kepala Desa Rae Selatan Meddy Manongga, S.Kom turut mengungkapkan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah mempercayakan wilayah mereka menjadi lokasi dilaksanakannya Pencanangan ini. ” Pemerintah dan masyarakat bersama-sama mendukung program Gentaja ini dengan penuh antusias dan berharap semoga hasil dari program ini akan dapat memberikan kontribusi positif bagi peningkatan perekonomian rakyat,” ucap keduanya.

Kegiatan ini tampak dihadiri oleh Wabup Drs Moktar A. Parapaga mewakili Bupati Kepulauan Talaud, Ketua TP PKK Ny M Parapaga-Leong, Ketua Pengadilan Negeri Melonguane, Kajari Melonguane, Dandim 1312, Lanal Melonguane, Polres Talaud, Kadis DKPP, Staf Ahli Bupati dan sejumlah Pejabat Tinggi Pratama di Lingkup Pemda Talaud. (tni)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?