Connect with us

Kepulauan Talaud

Hadiri Pengukuhan Kelompok Tani se Kecamatan Melonguane, Parapaga : Jadilah Petani Mandiri

Dimuat

pada

KIAMA – Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud Drs Moktar Arunde Parapaga menghadiri agenda kerja dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Talaud yakni Pengukuhan Kelompok Tani di wilayah Kecamatan Melonguane, Selasa (13/04/2021) di Balai Pertemuan Masyarakat (BPM) Desa Kiama.

Dalam sambutannya Wabup mengatakan bahwa tekad dari Bupati dan Wabup (E2L-MAP) adalah ingin meletakkan dasar ekonomi yang kuat bagi masyarakat di Porodisa serta terus menghimbau kepada para petani agar lebih giat dan semangat dalam bertani.

“Saya melihat masih banyak lahan pertanian yang menganggur atau tidak digarap, bahkan masih banyak lahan tidur karena tidak dikelola,” ucap Wabup Talaud.

Lebih lanjut sosok visioner ini pun menyebutkan bahwa untuk mendapatkan penghasilan rutin maka petani harus mampu mengolah lahan yang ada secara maksimal dan produktif. Jangan jadi petani subsidi yang terus menerus bergantung pada bantuan, tetapi jadilah petani yang mandiri.

Demi memaksimalkan program ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Talaud ikut menggandeng salah Bank BUMN yakni BRI Cabang Tahuna yang membawahi tiga daerah yang ada di Kepulauan yaitu Sangihe, Talaud dan Sitaro.

Dalam kegiatan ini turut pula menyerahkan Dana Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM). “BRI pada dasarnya siap memberikan support melalui program Pemda yaitu dari sisi pembiayaan untuk mempercepat pertumbuhan usaha,” ujar Pimpinan Cabang BRI.

Diketahui ada sepuluh Desa dan tiga Kelurahan dengan jumlah 56 Kelompok Tani dikukuhkan pada saat bersamaan dalam agenda kerja kali ini, yang terdiri dari tujuh Kelompok Tani Kelas Lanjut dan 49 Kelompok Tani Kelas Pemula. (tni)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?