Connect with us

Minahasa

Harga Rica di Minahasa Mahal

Dimuat

pada

Kepala pasar Tondano Djonly Rori, SE

MINAHASA – Harga cabe rawit atau rica di pasar Tondano sejak tiga bulan terakhir ini naik signifikan, dari Rp 40.000 menjadi Rp 80.000 per kilogram. Hal ini, dibenarkan Kepala Pasar Tondano Djonly Rori,SE kepada xmanadonew.co.id, Rabu (17/3/2021) siang.

Menurut Rori, harga rica memang adanya kenaikan disemua pasar di Minahasa termasuk pasar Tondano dan itu terjadi dikarenakan pasokan yang masuk ke pedagang, hanya dari petani lokal.

“Harga normal untuk rica di pasar Tondano, bahkan diseluruh pasar di Minahasa berkisar Rp 40.000 per kilogramnya. Namun, sekarang ini naik menjadi Rp 80.000. Hal itu, disebabkan pasokan rica dari luar daerah seperti dari Gorontalo dan Surabaya tidak masuk, kalau pun pasokannya masuk, saya pastikan harganya akan kembali normal,”kata dia.

Selain itu, dikatakan Rori, untuk kenaikan harga rica di pasar Minahasa bervariasi, ada yang Rp 80.000 bahkan sampai Rp 100.000 per kilonya. Sebab, cabe yang masuk di pasar Tondano hanya rica lokal.

“Harganya naik, karena cuaca jadi penentu petani untuk mengembang biakan produksi rica di lahan mereka. Semoga cuaca memungkinkan dan pasokan cabe rawit dari luat daerah bisa masuk, sehingga harga jual cabe rawit ini bisa normal kembali,”pungkasnya. (Erwien Bojoh)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?