Connect with us

Advertorial

HUT Ke-31 Kota Bitung, Maurits Hengky: Terus Nyalakan Api Pembangunan Demi Kesejahteraan dan Kemakmuran Masyarakat

Dimuat

pada

WALI Kota Bitung, Maurits Mantiri dan Wakil Wali Kota Bitung, Hengky Honandar menyampaikan api pembangunan harus terus dinyalakan untuk kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Kota Bitung.

Hal ini disampaikan dalam upacara memperingati HUT Ke-31 Kota Bitung, di Lapangan Kantor Walikota Bitung, Senin (11/10/2021).

“Kiranya peringatan hari bersejarah ini menjadi momentum evaluasi terhadap apa yang telah kitasumbangkan bagi Kota Bitung yang tercinta dan semakin lebih memacu diri untuk mengembangkan berbagai potensi yang kita miliki,” ujar Maurits saat memberikan sambutan sebagai inspektur upacara HUT ke-31 Kota Bitung.

Maurits mengatakan, momentum kebahagiaan ini merupakan HUT pertama kepemimpinan Maurits-Hengky. Dimana kata dia, Kota Bitung telah mengalami berbagai perubahan yang signifikan serta telah meraih berbagai pencapaian yang luar biasa.

“Perjalanan 31 tahun adalah perjalanan yang cukup panjang bagi sejarah pembangunan suatu daerah. Dalam mengarungi perjalanan selama ini, sudah barang tentu pemerintah, pemangku amanah beserta segenap masyarakat Kota Bitung telah banyak merasakan dan mengalami pahit-getir dan manisnya perjuangan membangun Kota Bitung,” ujarnya.

Maurits menambahkan, meski saat ini masih diuji dengan pandemi Covid-19 namun kata dia harus tetap bersyukur karena sampai saat ini masih berdiri sebagai satu kesatuan.

“Karena pandemi ini telah memberikan kesempatan bagi kita semua untuk memperbaiki diri dan mengasah kemampuan, ketabahan,kesabaran, ketahanan, serta kebersamaan,” ucapnya.

Selain itu lanjut Maurits, hal yang patut disyukuri lagi bahwa perkembangan pembangunan di Kota Bitung dari waktu ke waktu terus mengalami kemajuan. Berbagai capaian kata dia telah berhasil diraih.

“Selama kurun waktu terbentuknya Kota Bitung sampai dengan saat in. Kiranya cukup untuk menggambarkan seberapa besar potensi dan kondisi daerah ini. Berbagai penghargaan pembangunan yang telah diraih tentu menjadi suatu capaian yang akan diukir oleh sejarah. Namun yang pasti, hasil pembangunan yang paling bernilai semenjak diikhtiarkannya Kota

Bitung 31 tahun silam adalah, pembangunan ini senantiasa dihajatkan untuk sebesar-besarnya kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Kota Bitung. Di tahun 2021 dan selanjutnya, api pembangunan Kota Bitung harus terus dinyalakan menjadi lebih gemilang lagi, menjadi lebih baik lagi. Demi cahaya kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Kota Bitung yang terus berkilau,” harapnya.

Dia juga menuturkan, pemerintah daerah beserta seluruh pemangku amanah pembangunan Kota Bitung dituntut untuk terus menjaga kebersamaan, bekerja keras, berikhtiar cerdas, bersungguh-sungguh, dan merawat sikap konsisten dalam pencapaian target-target pembangunan.

“Kedepan, tantangan global menanti kita semua. Dalam menatap tantangan global tersebut, pijakan kita bagaimana berpikir global, berpikir kedepan, terbuka dan luas, berpandangan dunia. Namun tetap berbasis lokalitas, beraksi lokal, bertindak lokal. Open minded and out of the box, think forward, think globally, act localy”. Karena, dengan cara itulah kita dapat menemukan landasan untuk menjadi pemenang di abad globalisasi dan modernisasi ini,” ungkapnya.

Menurutnya, disamping berbagai kemajuan dan prestasi yang telah diraih oleh Kota Bitung, ada beberapa isu strategis dicita-citakan. Dimana kata dia, hanya akan terealisasi bila adanya sinergitas antara pemerintah, para pemangku kepentingan.

“Dan yang terpenting adalah dukungan dari seluruh lapisan masyarakat Kota Bitung. Di hadapan kita terhampar banyak mimpi-mimpi besar yang sangat mungkin kita wujudkan bersama. Diantaranya, transformasi digital, penurunan kemiskinan dan pengangguran, peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan, pemerataan pembangunan infrastruktur, peningkatan produktifitas dan daya saing tenaga kerja lokal. Peningkatan daya saing UMKM dan koperasi, optimalisasi sumber daya perikanan dan kelautan, penguatan kepariwisataan, perwujudan kedaulatan pangan, pengelolaan pemerintahan yang bersih, efektif dan terpercaya, optimalisasi pendapatan asli daerah, optimalisasi mitigasi bencana dan adaptasi perubahan iklim, serta perencanaan pembangunan indonesia rendah karbon (low carbon development indonesia),” terangnya.

Semua itu sambungnya, hanya sebagian dari daftar pekerjaan rumah yang perlu dituntaskan bersama. Yang terpenting kata Maurits, perlu mempersiapkan diri sendiri agar kelak tidak hanya menjadi penonton dari semua yang akan hadir dalam waktu dekat.

“Pemuda kita, perlu menantang diri untuk mempelajari hal-hal baru. Melatih keterampilan baru yang dibutuhkan oleh berbagai sektor yang akan tumbuh. Inilah kepingan-kepingan mimpi besar yang ingin kita wujudkan untuk membangun Bitung Kota Digital yang mandiri, sejahtera dan berkarakter berlandaskan gotong royong,” harapnya.

Maurits-Hengky berharap, berharap peringatan HUT Ke-31 Kota Bitung menjadi momentum untuk melakukan perubahan. Bukan kata dia, hanya untuk diri pribadi, keluarga dan masyarakat, melainkan bagi nilai-nilai kemanusiaan dalam ruang lingkup yang lebih luas.

“Kami mengajak kepada kita semua untuk membangun kota dengan meninggikan kecerdasan, kreatifitas, dan budi pekerti yang luhur. Sehingga pertumbuhan fisik, sosial, budaya, ekonomi dan lingkungan berjalanan paralel dengan pelestarian dan keseimbangan sistem kehidupan,” ajaknya.

Tak hanya itu, dirinya dan Wakil Wali Kota Bitung, Hengky Honandar secara khusus menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada para pendahulu yang pernah memimpin Kota Bitung, para pemuka agama, para tokoh masyarakat, dan seluruh lapisan masyarakat yang telah mewarnai perubahan Kota Bitung.

“Kiranya sumbangsih tersebut menjadi tanda mata generasi lalu dan generasi sekarang, bagi generasi yang akan datang,” ucapnya.

Maurits juga mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk meningkatkan rasa kecintaan terhadap daerah. Dia berharap kecintaan itu ditularkan kepada anak-anak, kepada masyarakat.

Refleksikan cinta tersebut dengan kerja-kerja nyata kita untuk Kota Bitung dan untuk Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Jaga selalu keamanan dan kedamaian wilayah masing-masing. Jaga selalu semangat persatuan kita. Sekali lagi kami menyampaikan selamat merayakan hari ulang tahun ke-31 kepada pemerintah dan segenap masyarakat Kota Bitung, dengan harapan dan do’a semoga menjadi momentum terbaik untuk melakukan refleksi diri dan menjadi kota yang semakin maju dan sejahtera. Tuhan yang maha kuasa, senantiasa memberi petunjuk dan membimbing langkah kita dalam membangun kota bitung tercinta,” pungkasnya.

(ADVETORIAL)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?