Connect with us

Kabar Sulut

Dilantik Jokowi, Lanjutkan Periode Kedua

Dimuat

pada

RESMI PIMPIN SULUT KEMBALI : Olly Dondokambey dan Steven Kandouw dilantik Presiden Joko Widodo di istana negara.

JAKARTA—Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara terpilih, Olly Dondokambey dan Steven Kandouw resmi memimpin Sulut untuk ke dua kalinya, saat dilantik oleh Presiden Joko Widodo di istana negara, Senin (15/1).

OD – SK bakal memimpin Sulawesi Utara untuk periode kedua selama tiga tahun, terhitung sejak 2021 sampai 2024.

Jokowi juga melantik Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih Kalimantan Utara masa jabatan 2021-2024 Zainal Arifin Paliwang dan Yansen TP.

Pelantikan itu sesuai Keputusan Presiden (Kepres) Republik Indonesia nomor 19P tahun 2021 dan nomor 21P tentang pengesahan pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara dan Sulawesi Utara masa jabatan tahun 2021-2024. Sesuai Kepres ini, maka OD-SK diberi waktu memimpin Sulut selama tiga tahun.

Presiden Jokowi mengambil sumpah jabatan kepada mereka ditemani Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Serta, turut terlihat Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

“Harap mengikuti kata-kata saya, bahwa saya akan memenuhi kewajiban sebagai gubernur sebagai wakil gubernur, dengan sebaik-baiknya dan seadil adilnya, memegang teguh undang-undang dasar Republik Indonesia tahun 1945, dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus lurusnya serta berbakti kepada masyarakat nusa dan bangsa,” kata Presiden Jokowi diikuti empat kepala daerah terpilih itu, Senin (15/2).

Setelah dilantik, acara dilanjutkan dengan mendengar lagu Indonesia Raya. Kemudian, Kepala Negara memberikan selamat kepada mereka dan berfoto bersama.

Olly Dondokambey dan Steven Kandouw adalah pasangan petahana ini ditetapkan KPUD sebagai pemenang pilkada Sulut tahun 2020 dengan raihan suara 821.503.

Sementara itu Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih Kaltara adalah Zainal Arifin Paliwang dan Yansen TP. Pasangan ini ditetapkan sebagai pemenang oleh KPU setelah meraih suara sebanyak 45.778 suara.

Seperti diketahui pilkada serentak digelar pada tanggal 9 Desember lalu yang diikuti 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota. (*/red)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?