Connect with us

Bitung

Kabar Gembira Bagi Pecinta Kuliner, di Bitung Ada Festival Tuna

Dimuat

pada

Kepala Dinas Pariwisata, Pingkan Kapoh (Tengah), saat menggelar Konferensi Pers Festival Tuna, Senin (28/06/2021)

BITUNG—Pemerintah Kota Bitung, melalui Dinas Pariwisata Kota Bitung kembali menjadwalkan akan menggelar Festival Tuna.

Festival Tuna rencananya akan digelar pada 09 Juli 2021 ini akan melibatkan sejumlah UMKM dan beberapa restoran kuliner serta para pelaku kuliner di Kota Bitung.

Pasalnya, iven Festival Tuna ini bakal dikemas secara berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dimana pada tahun 2021 , iven ini akan digelar secara virtual yang akan dipusatkan di Rumah Dinas (Rudis) Wali Kota Bitung.

Kepalaa Dinas Pariwisata Kota Bitung, Pingkan Kapoh mengatakan jika Festival Tuna ini sempat hilang pada 2020 lalu karena adanya pandemi covid-19.

“Sebenarnya Festival Tuna ini sudah mulai diselenggarakan pada tahun 2017 silam bersamaan dengan Festival Pesona Selat Lembeh (FPSL). Juga pada 2018-2019 Festival Tuna ini masih sempat dilaksanakan. Baru terhenti pada 2020 karena pandemi. Perlu diketahui juga Festival Tuna ini juga sudah masuk pada Calender Of Event Pemkot Bitung dan Sulawesi Utara (Sulut),” ujar Pingkan dalam Konferensi Pers, yang digelar di Gedung Central Fish, Pusat Pemasaran dan Promosi Hasil Perikanan, di Kelurahan Wangurer Timur, Kecamatan Madidir, Senin (28/06/2021).

Menurut Pingkan, Festival Tuna ini digelar untuk membangkitkan industri pariwisata Kota Bitung. Dimana kata dia, Festival Tuna ini merupakan bagian dari promosi pariwisata yang sempat terpuruk akibat pandemi.

“Dengan Festival Tuna ini kami mencoba bangit dan berusaha menggeliatkan kembali sektor pariwisata Kota Bitung meski ditengah pandemi. Makanya festival ini kitra gelar secara virtual,” kata Pingkan.

Lanjut Pingkan, dengan Festival Tuna ini para pecinta kuliner bisa menikmati berbagai kuliner ikan tuna yang dikemas dan diproduksi dengan berbagai macam varian.

“Akan banyak kuliner yang disajikan pada Festival ini. Masyarakat juga bisa membeli dan akan diantar langsung oleh panitia. Festival ini bisa disaksikan langsung masyarakat lewat beberapa akun media sosial Pemkot Bitung, entah itu Fanspage atau youtube,” ungkapnya.

Pingkan menambahkan, hasil dari Festival Tuna ini akan didonasikan kepada para penyintas korban kebakaran Pasar Tua. Selain itu kata Pingkan, bagi warga yang ikut berpartisipasi dalam Festival Tuna ini berkesempatan mendapatkan hadiah berupa alat masak dan sejenisnya.

“Nantinya hasil dari Festival Tuna ini kita akan donasikan kepada penyintas kebakaran Pasar Tua. Selain itu ada hadiah yang akan di undi bagi warga yang melakukan pemesan produk ikan tuna dalam festival ini, hadiahnya seperti perlengkapan masak,” bebernya.

Pingkan juga mengajak kepada seluruh masyarakat Kota Bitung agar bisa ikut berpartisipasi mensukseskan Festival Tuna Tahun 2021 ini.

“Tujuan lain dari Festival Tuna ini juga untuk menggerakan UMKM dan pelaku usaha kuliner di Kota Bitung,” ujarnya.

Pingkan juga menuturkan, Festival Tuna akan digelar dengan menerapkan penerapan protokol super ketat, Dimana kata dia, setiap peserta akan dilakukan rapid test antigen.

“ Kegiatan ini akan menerapakan protokol kesehatan. Dimana pada acara penutupan di Raewaya Resort juga akan ada lomba masak yang diikuti oleh delapan PKK Kecamatan dan yang akan menjadi juri adalah Ketua TP PKK Bitung, Rita Mantiri Tangkudung bersama Sekretaris TP- PKK Kota Bitung, Ellen Honandar Sondakh dan Ketua ICA Bitung. Selain itu masih banyak juga hiburan-hiburan yang akan disajikan lewat Festival Tuna ini,” pungkasnya.

(JamalGani)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?