Connect with us

Minahasa

Kesadaran Masyarakat Membuang Sampah di Jalan Pekuburan Tounkuramber Masih Rendah

Dimuat

pada

Sampah masyarakat yang dibuang di jalan Pekuburan Kelurahan Tounkuramber Tondano.

Minahasa – Kurangnya kesadaran masyarakat tentang sampah. Jalan kompleks pekuburan pun, dijadikan tempat pembuangan akhir oleh warga disekitar pasar Tondano.

Menurut Billy Waleleng, warga kelurahan Tounkuramber kecamatan Tondano barat mengatakan, sampah masyarakat yang dibuang di jalan pekuburan tepatnya di kelurahan Tounkuramber, kecamatan Tondano Barat ini sangat memprihatinkan. Apalagi masyarakat yang hendak melewati jalan tersebut, selain merusak pemandangan juga mengganggu indra penciuman.

“Padahal dilokasi tersebut, telah terpajang “Dilarang Buang Sampah”. Namun, masih ada warga yang tak mengindahkan pemberitahuan tersebut. Untuk itu, saya berharap kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa supaya dapat mengambil tindakan tegas, bagi masyarakat yang sengaja membuang sampah tidak pada tempatnya, paling kurang ada sanksinya,”kata Waleleng kepada xmanadonew.co.id, Selasa (2/3/2021) siang tadi.

Lebih banjut dikatakannya, sampah masyarakat yang dibuang di kompleks jalan pekuburan memang sudah dibersihkan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) pada, Minggu 28 februari 2021 lalu. Tetapi kesadaran warga tentang sampah perlu diberitahukan berulang kali, sebab di kompleks jalan pekuburan itu sudah jadi langganan mereka.

“Setau saya, di dalam pasar Tondano ada bak sampah yang disiapkan untuk menampung sampah pedagang maupun masyarakat. Bahkan, Dinas Lingkungan Hidup pun memberikan kesempatan bagi warga jika ada sampah rumah tangga, bisa diangkut oleh petugas asalkan harus mendaftar di kantor DLH,”ungkap Waleleng.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Minahasa Drs Vicky Kaloh, menyampaikan untuk sampah-sampah di jalan kompleks pekuburan sudah diangkut oleh petugas kebersihan, setelah mendapat laporan dari masyarakat.

“Saya berharap tingkat kesadaran masyarakat tentang sampah harus lebih ditingkatkan lagi, ketika kita asal buang sampah justru akan merusak citra kota Tondano dimata pengunjung dari luar. Untuk itu, Pemerintah telah siapkan fasilitas kendaraan sampah yang akan menjemput sampah rumah tangga kalian dirumah masing-masing. Tapi sebelumnya, silahkan berkoordinasi dengan bidang pengelolaan sampah di Dinas,”ucap Kaloh.

“Target kami, di bulan maret ini akan melakukan pengurangan sampah melalui proses 3R oleh bank sampah, supaya kebersihan disetiap kecamatan semakin efektif,”pungkasnya. (Erwien Bojoh)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?