Connect with us

Minahasa

Komisi 1 DPRD Provinsi Pantau Penyaluran Dana Bantuan Pemerintah Pusat Tahun 2020 di Dinas PMD Minahasa

Dimuat

pada

Komisi 1 DPRD Privinsi Sulawesi Utara yang dipimpin Ketua Dra Vony Paat sedang berkoordinasi dengan Kadis PMD Minahasa terkait dana bantuan dari Pemerintah pusat diruang kantor PMD.

Minahasa – Komisi 1 DPRD Provinsi Sulawesi Utara sambangi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Minahasa, dalam rangka koordinasi sekaligus memantau pengelolaan alokasi Dana Desa (Dandes), Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan Padat karya di tahun 2020 yang diberikan Pemerintah pusat.

Sejumlah Dewan Provinsi yang berkunjung di Dinas PMD, dipimpin langsung oleh Ketua Komisi 1 Dra Vony Paat. Maksud kedatangan kami disini, untuk berkoordinasi terkait anggaran Dana desa, BLT dan program Padat karya yang dialokasikan Pemerintah pusat ke Pemkab Minahasa pada tahun 2020 lalu.

“Maka dari itu, kami akan pantau langsung penggunaan dana bantuan yang dialokasikan oleh Pemerintah pusat sebesar 1,2 Triliun untuk Sulawesi utara (Sulut) dan Kabupaten Minahasa telah mendapatkan 171 Miliar lebih, dan apakah digunakan untuk kebutuhan masyarakat yang layak atau tidak,”kata dia.

Lanjutnya, sebelum kami meninjau Desa yang menggunakan Dana dari Pemerintah Pusat tersebut, terlebih dahulu meminta data dari Dinas PMD Minahasa agar mengetahui bantuan yang dialokasikan pada setiap Desa di daerah ini.

“Saat ini, kami bakal meninjau salah satu Desa di Minahasa yakni Desa Kembuan, untuk melihat sejauh mana bantuan yang diberikan Pemerintah tersebut. Selain BLT dan Dandes, juga melihat program padat karya tunai yang dikerjakan masyarakat di Desa itu,”kata Paat.

Program Pemerintah pusat ini. Menurut Paat, bukan diberikan kepada kepada warga pendapatannya berlebihan. Namun, disalurkan bagi masyarakat yang kurang mampu atau layak mendapatkan bantuan.

“Saya berharap Dana bantuan yang disalurlan oleh Pemerintah tepat sasaran dan benar-benar kepada masyarakat yang kurang mampu. Diingatkan kepada Pemerintah Desa, dalam hal pendataan warga agar bantuan tersebut diberikan kepada mereka yang layak,”tegasnya.

Sementara itu, Kadis PMD Jeffry Tangkulung, SH, MAP menjelaskan, kunjungan Komisi satu DPRD Sulut ke Minahasa ini, untuk memantau penggunaan dana bantuan Pemerintah pusat tahun 2020 silam ke Desa-Desa penerima.

“Saya sudah jelaskan tentang penggunaan Dandes, BLT dan program padat karya yang dikerjakan oleh seluruh masyarakat penerima bantuan dari Pemerintah pusat tersebut. Bahkan, Desa Kembuan menjadi contoh penilaian mereka di daerah ini telah dikunjungi,”ungkapnya. (Erwien Bojoh)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?