Connect with us

Kepulauan Talaud

Kunjungi Kabupaten Talaud, Konjen Filipina Tawarkan Kerja Sama di Lima Bidang Ini, Berikut Respon Wabup Parapaga

Dimuat

pada

Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud Drs Moktar Arunde Parapaga saat bertemu Konjen Filipina Mr Manuel Cueto Ayap, Selasa (16/11/2021). //foto: iv

MELONGUANE – Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud Drs Moktar Arunde Parapaga (MAP) menerima kunjungan Konsulat Jenderal (Konjen) Mr Manuel Cueto Ayap pada Selasa (16/11/2021) di Wanala T2 Melonguane.

Kehadiran Konsulat Filipina ini adalah dalam rangka meningkatkan kerjasama antara Filipina dan Indonesia terutama dengan pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Talaud.

Mr Manuel Cueto Ayap mengatakan bahwa kehadirannya bersama rombongan di Kabupaten Kepulauan Talaud ini selain diundang, pihaknya pun ingin bekerja sama dengan Pemda Talaud. “Kami ingin bekerja sama baik itu di bidang Pariwisata, Perdagangan, Pendidikan, Perikanan dan Budaya,” ungkap Mr Manuel.

Dirinya mengatakan bahwa Kabupaten Kepulauan Talaud dan Filipina ternyata memiliki nenek moyang yang sama. Sehingga banyak sekali persamaan dalam tatanan kehidupan.

“Karena banyaknya persamaan budaya antara Filipina dan Kabupaten Talaud juga karena daerah ini sangat berdekatan dengan negara kami, maka kami pun berharap semoga program ini dapat berkembang ke depannya,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Moktar Arunde Parapaga mengatakan bahwa Pemda dalam hal ini Bupati menyambut baik atas kunjungan Konjen Filipina yang datang langsung di Kabupaten Kepulauan Talaud.

“Ini menandakan bahwa hubungan kita baik. Bahkan kita juga ternyata memiliki budaya yang mirip dan berasal dari nenek moyang yang sama sehingga kita menjadi satu turunan,” kata Parapaga.

Menurut Wabup Parapaga, Filipina adalah negara tetangga yang memiliki jarak tempuh sekira 3 jam dari Pulau Miangas. “Kita sebagai Pemerintah Daerah merasa bangga. Semoga kunjungan ini dapat bermanfaat untuk pembangunan daerah dan masyarakat Talaud,” tukas Wabup sambil menyampaikan permohonan maaf sebab Bupati Elly Engelbert Lasut masih dalam tugas di luar daerah.

Kedatangan Konjen Filipina bersama rombongannya kali ini diinisiasi Dinas Pariwisata dan Budaya bersama Badan Promosi Pariwisata Daerah Kabupaten Kepulauan Talaud yang diketuai oleh Jelly Walansendow.

Tampak hadir dalam kunjungan ini diantaranya ada perwakilan dari Philipina Ambassy di Jakarta Mr J Lowrence Deus, Mr Jonathan Abe serta Ms. Patristanja Gessal, Danlanal Melonguane Letkol Laut (P) Glory Syaranamual, perwakilan Kodim 1312/Talaud Pasie Ter Lettu Kav Hendra Welan, Perwakilan Polres Talaud, Kejari Talaud, Asisten I Tata Pemerintahan dan Kesra Daud Malensang S.Sos, Staf Khusus Bupati, para Kepala Dinas/Badan dilingkup Pemkab Talaud. (tni)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?