Connect with us

Ekonomi & Bisnis

Lagi, Reaksi Cepat PLN Recovery Gangguan di Daerah Kepulauan.

Dimuat

pada

MANADO-Cuaca buruk berapa hari lalu, membuat sejumlah jalur listrik di daerah kepulauan Kabupaten Sangihe, Kabupaten Talaud, dan Kabupaten Sitaro terputus. Perusahan Listrik Negara (PLN) Persero, unit induk wilayah Suluttenggo, melalui Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Tahuna, kembali merespon cepat dalam mengatasi gangguan kelistrikan yang terjadi, Senin (19/04).


Tim Recovery PLN berupaya secepat mungkin dalam melakukan penormalan system kelistrikan di 3 Kabupaten tersebut sehingga aktivitas masyarakat dapat kembali pulih. Hingga Pukul 21.15 WITA (19/04), sebanyak 87 Gardu Distribusi berhasil dinormalkan sehingga 8.424 Pelanggan dapat kembali menikmati listrik dari total 118 Gardu dan 17.061 Pelanggan yang terdampak.


Menurut General Manager PLN Unit Induk Wilayah Suluttenggo Leo Basuki menjelaskan, gangguan kelistrikan yang terjadi dibeberapa lokasi itu adalah akibat dari Cuaca Ekstrim. “Melalui Tim dari PLN UP3 Tahuna dengan sigap melakukan upaya pernormalan sistem sehingga dampak dari penghentian pasokan listrik sementara itu dapat berangsur pulih,” ujarnya.


Kondisi kelistrikan pada Sistem Sangihe di beberapa hari ini, mengalami gangguan jaringan distribusi yang diakibatkan oleh badai Siklon Tropis Surigae. Sehingga terjadi cuaca extrim di wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe dimana akibat hantaman angin yang kencang serta hujan yang lebat banyak Pohon tumbang mengenai jaringan listrik. 


“Hampir seluruh wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe yang di layani dari Sistem Sangihe (Unit Layanan Pelanggan Petta dan Tamako) mengalami gangguan jaringan sehingga berdampak pada terhentinya pasokan tenaga listrik di beberapa wilayah baik yang ada di dalam Kota Tahuna sampai dengan di luar kota Tahuna,” katanya.


Beberapa lokasi yang terdampak sambungnya, seperti di kota Tahuna yang berlokasi di Sotaloara 1 di Tanjung Kalumpang, Jl Pertamina, dan Rumah Payung 1. Sedangkan untuk daerah di luar kota Tahuna yang terdampak meliputi daerah Bak Air Mighang Manganitu, Kalaeng Batu, Penggalemang Kampung Bira, Kulur dan di beberapa tempat lainnya. 


“Namun berkat respon cepat dari PLN, saat ini kondisi kelistrikan di beberapa tempat yang sebelumnya mengalami gangguan jaringan listrik sudah berangsur normal kembali. Petugas PLN sudah bekerja mulai dari terjadinya gangguan sampai dengan saat ini walaupun dalam kondisi yang di guyur hujan dan angin yang kencang. Dalam bekerja para petugas tak lupa memperhatikan APD dan mengikuti SOP kerja yang berlaku dalam melaksanakan penormalan sistem kelistrikan,” bebernya.

Sementara itu, Senior Manajer Keuangan, Komunikasi dan Umum, Wijaya Gautama menghimbau kepada masyarakat atau pelanggan jika melihat ada kondisi yang menyebabkan terhentinya pasokan tenaga listrik maka agar secepatnnya melaporkan kepada pihak PLN. “Segara mungkin dilaporkan kepihak kami, baik melalui Aplikasi PLN Mobile, Call Center PLN 123, Website PLN, atau bisa juga mendatangi Kantor PLN terdekat. Dengan begitu bisa membantu kami secepatnya dalam penanganan gangguan kelistrikan, karena Petugas PLN tetap siaga dalam menerima keluhan pelanggan,” singkatnya.(onl)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?