Connect with us

Minahasa Tenggara

Langgar UU Ketenagakerjaan, Legislatif THL dan Komisi 3 Beri peringatan kepada PT. HWR

Dimuat

pada

Saat Komisi Tiga DPRD Mitra Hearing PT Hakian Wellem Rumansi (HWR).

MITRA – Komisi Tiga Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan PT. Hakian Wellem Rumansi (HWR).

Hal ini, dikarenakan hasil reses sejumlah anggota DPRD Mitra beberapa waktu lalu mendapat laporan soal pelanggaran ketenagakerjaan di perusahan tersebut. Untuk itu, Komisi Tiga memanggil PT HWR dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) di ruang kantor dewan, Kamis (20/1/2022) siang.

Dalam rapat tersebut akhirnya terungkap kejanggalan-kejanggalan yang di lakukan PT. HWR, diantaranya jam-jam kerja serta lembur yang tidak di bayar dan ini tidak sesuai undang-undang Ketenagakerjaan yang mempekerjakan karyawannya lebih dari 8 jam perhari atau 40 jam dalam seminggu.

Dijelaskan perwakilan PT. HWR Ilham Samid (Pjs KTT) ada kesepakatan antara pihak menejemen dengan karyawan pada waktu penandatangan kontrak kerja.

“Jam kerja adalah 10 jam perhari dan pekerja yang melaksanakan lembur atau masuk kerja pada hari libur nasional tidak di bayar,”jelasnya.

Menyikapi hal itu, Wakil Ketua DPRD Mitra Tonny Hendrik Lasut (THL) yang hadir pada rapat tersebut, langsung memberikan peringatan kepada pihak perusahaan yang melanggar aturan. Dan meminta Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) untuk mengawal revisi peraturan kerja.

“Disnakertrans tolong kawal revisi peraturan kerja ini dan kami berharap PT HWR menyesuaikan dengan PP Nomor 35 tahun 2021, sehingga kedepannya tidak ada lagi laporan terkait hak-hak pekerja,” tegasnya.

Tampak hadir dalam rapat tersebut, Kepala Dinas Tenaga Kerja Ferry Uway (Kadis Nakertrans), Billy Lumintang perwakilan dari Aliansi Masyarakat Lingkar Tambang Billy Lumintang (Amalitra). (Roykeyoshi)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Iklan
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?