Connect with us

Minahasa

Layanan OSS-RBA Permudah Proses Perizinan Pelaku Usaha di Minahasa

Dimuat

pada

Kepala Dinas PM-PTSP Kabupaten Minahasa Mekry Sondey, SE, MSi

MINAHASA – Saat ini di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Minahasa telah berlakukan pelayanan perizinan melalui sistim Online Single Submission Risk Based Aproach (OSS-RBA) guna mempermudah perizinan bagi pelaku usaha.

Perlu diketahui OSS-RBA atau pengiriman tunggal online pendekatan berbasis risiko adalah perizinan berusaha yang diberikan kepada pelaku usaha untuk memulai dan menjalankan kegiatan usahanya yang dinilai berdasarkan tingkat risiko.

Menurut Kadis PM-PTSP Minahasa Mekry Sondey, SE, MSi pelayanan perizinan lewat aplikasi OSS-RBA ini sesuai amanat undang-undang cipta kerja no 11 tahun  2020 bersama turunannya PP no 5 dan 6 menyebutkan, bahwa aplikasi ini akan membawa perubahan terhadap pengurusan perijinan dan untuk proses pelayanan perizinan berusaha maupun non berusaha sudah diberlakukan mulai 2 agustus Tahun 2021.

“Setelah diberlakukan pelayanan perizinan secara nasional lewat aplikasi OSS-RBH hampir sebagian besar jenis perizinan dilayani termasuk di Kabupaten Minahasa. Memang untuk presentase perizinan yang terbit di daerah kita belum terlalu signifikan, mungkin karena aplikasinya baru ditambah wilayah pelayanan kabupaten Minahasa cukuplah luas,”kata Sondey kepada xmanadonew.co.id, Kamis (14/10/2021) siang.

OSS-RBA merupakan sistem perizinan berusaha yang terintegrasi secara elektronik. Untuk lebih dikenal aplikasi ini ke masyarakat tentu butuh pengenalan, karena sebagian masyarakat khusus pelaku usaha belum memahami bagaimana cara kerja sistim online tersebut.

“Kedepan kita sosialisasi aplikasi ini ke masyarakat agar lebih dikenal, karena OSS-RBA mempermudah pelaku-pelaku usaha dalam membuat izin berusaha maupun non berusaha. Dan jika pelaku usaha belum memahami cara kerja aplikasi tersebut, Dinas PM-PTSP Minahasa siap membantu,”ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan Sondey, apabila pelaku usaha sudah memahami cara kerja aplikasi OSS-RBA bisa mengapload sendiri lewat internet, dan ketika sudah masuk dalam web site akan dituntun melalui sistim yang sudah ada.

“Bilamana pelaku usaha telah mengikuti semua permintaan OSS-RBA ditambah data perusahan sudah lengkap, saat itu juga izin yang diminta keluar. Diingatkan pada pelaku usaha, ada banyak pertanyaan yang diminta dan anda harus menjawabnya dengan benar dan jujur. Apabila tak sesuai dengan persyaratan ada keganjalan di tempat usaha anda, kami akan keluarkan sanksi meski sudah ada izin,”tegasnya.

Memang aplikasi OSS-RBA ini sangat mempermudah bagi para pelaku usaha dalam membuat izin. Namun, hal ini harus disesuaikan dengan persyaratan, karena jika tidak dengan sendirinya sistim online tidak akan jalan atau tak melanjutkan permintaan saudara.

“Saat ini, Dinas PM-PTSP Minahasa telah membantu pelaku usaha dalam membuatkan izin sebanyak 30-an orang. Namun, yang masuk kedalam sistim baru 19 pelaku usaha, sisanya belum dikarenakan semua daerah menunggu daftar antrian, sebab sistim online masih baru. Pastinya izin pelaku usaha akan keluar karena kami telah mengarsipkan data mereka,”tutup Sondey.    (Erwien Bojoh)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?