Connect with us

Minahasa

Mangala Sebut Pilhut Minahasa Bakal Berlangsung Pertengahan Tahun Ini

Dimuat

pada

Asisten Pemerintahan dan Kesra Minahasa Dr Denny Mangala, MSi

Minahasa – Sebanyak 101 dari 227 Desa di Kabupaten Minahasa akan melangsungkan Pemilihan Hukum Tua (Pilhut) di pertengahan tahun 2021. Hal tersebut dibenarkan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Minahasa Dr Denny Mangala, MSi kepada sejumlah wartawan, Jumat (5/3/2021) siang di Monumen Benteng Moraya.

Dikatakannya, pelaksanaan Pemilihan Kumtua (Pilhut) ini bakal bergulir di tahun 2021. Sebab, anggarannya sudah ada, tinggal menetapkan kapan dilakukannya pemilihan tersebut.

“Pastinya, menurut Mangala, di pertengahan tahun 2021 untuk 101 Desa di Minahasa akan melangsungkan Pilhut,”ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan Mangala, semoga penyebaran Pandemi Covid-19 di daerah kita tetap stabil atau semakin menurun, sehingga pelaksanaan Pilhut boleh segera dilangsungkan.

“Bilamana Pilhut telah ditetapkan, dimintakan kepada calon yang ikut serta dalam kontestan pemilihan Kumtua, tidak diperkenankan membuat bangsal di rumah untuk dijadikan tempat berkumpul masa. Apalagi money politik, termasuk calon aktif di Partai Politik (Parpol). Apabila terbukti kami akan diskualifikasi,”tegasnya.

Ditambahkannya, aturan sekarang bagi para calon Kumtua diperbolehkan warga dari luar Desa yang bakal melangsungkan Pilhut tersebut. Artinya, masyarakat dari luar daerah pun, bisa mencalonkan diri sebagai kepala desa atau Kumtua.

“Aturan ini sudah diputuskan di MK, menyebutkan semua warga negara Indonesia berhak mencalonkan diri sebagai Kumtua di Desa yang akan melaksanakan pemilihan,”pungkasnya. (Erwien Bojoh)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?