Connect with us

Ekonomi & Bisnis

Masyarakat Lingkar Tambang Ratatotok Minta WPR, VALDY: Tambang Salah Satu Mata Pencaharian Mereka

Dimuat

pada

RATAHAN- Memperjuangkan nasib masyarakat bukan hal yang mudah seperti membalik telapak tangan. Semua membutuhkan proses yang bengitu panjang.

 
Namun hal itu tak dapat mematahkan semangat Ketua Aliansi Masyarakat Lingkar Tambang Valdy Suak. Topik mulai dianggakat Valdy, pada kesempatan reses hari kedua Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Kabupaten Mitra Tonny Hendrik Lasut, Jumat (30/4).


Valdy membawa aspirasi dan harapan rakyat lingkar tambang Ratatotok, untuk memiliki Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR).  “Saya meminta agar DPRD Mitra dapat memperjuangkan bersama agar warga bisa miliki WPR. Dengan begitu penambang tak lagi sembarangan masuk lokasi-lokasi lain, atau dikejar aparat jika sudah miliki lokasi yang seharusnya,” tuturnya.


Lebih jauh lagi dijelaskan Valdy soal pentingnya ada WPR, karena tambang merupakan salah satu mata pencaharian sebagian besar masyarakat Mitra.

“Sementara lahan terus diambil alih oleh Perusahaan dengan IUP, masyarakat yang ada bakal gigit jari. Padahal masyarakat hanya bergantung pada hasil tambang untuk menopang perekonomian mereka,” tekannya. 


Menanggapi hal itu, Tonny Lasut meminta agar tetap bersabar. Pasalnya, usulan warga untuk adanya WPR, akan dikawalnya bersama dengan Ketua Aliansi. “Saya minta Ketua Aliansi dapat bersama-sama memperjuangkan usulan ini,” katanya.


Tonny pun akui, sebagian perputaran ekonomi masyarakat dari tambang. Bahkan dirinya sempat mendapat informasi dari pihak bank, seminggu saat tambang dibuka perputaran uang hingga miliaran rupiah. (Roy keyoshi)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?