Connect with us

Bitung

Maurits-Hengky Tindaklanjuti Arahan Presiden Jokowi Terkait Antisipasi Varian Baru Omicron

Dimuat

pada

Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri saat melakukan dua RS Darurat dan RS rujukan pasien Covid-19, Jumat (17/12/2021).

BITUNG–Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri dan Wakilnya Hengky Honandar langsung menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi terkait langkah antisipasi terhadap virus varian baru Omicron yang sudah masuk ke Indonesia.

Instruksi Presiden Jokowi itu disampaikan saat rapat bersama dengan seluruh kepala-kepala daerah lewat media virtual, Kamis (16/12/2021).

Presdien Jokowi menginstruksikan agar seluruh kepala daerah mulai dari Gubernur, Wali Kota, Bupati serta unsur Forkopimda untuk mewaspadai penyebaran virus Omicron di setiap daerah.

Jokowi mengatakan, agar pemerintah daerah tidak lengah karena virus Omicron ini sangat cepat menular. Maka dari itu, Jokowi meminta kepada pemerintah daerah agar mengambil langkah antispasi seperti, segera melakukan pengecekan RS, kesiapan oksigen dan obat-obatan.

Memastikan protokol kesehatan (Prokes) berjalan dengan ketat khususnya di tempat- tempat umum yang merupakan tempat dengan tingkat aktifitas dan pertemuan yang tinggi. Tetap melakukan tracing dan testing, mempecepat pencapaian pelaksanaan vaksinasi mengutamakan bagi lanjut usia (Lansia).

Menindaklanjuti arahan orang nomor satu di Indonesia itu. Maurits-Hengky langsung bergerak cepat melakukan pengecekan kesiapan fasilitas RS Darurat Covid-19 Pemkot Bitung dan RSUD Kota Bitung sebagai RS rujukan pasien Covid-19. Jumat (17/12/2021).

“Instruksi itu langsung kami tindaklanjuti hari ini. Kami pemerintah Kota Bitung langsung mengecek kesiapan dan ketersediaan Bed Occupancy Ratio (BOR), oksigen, obat-obatan, vitamin serta peralatan pendukung lainnya di RS Darurat maupun di RS Rujukan Covid-19,” ujar Maurits.

Maurits mengatakan, setelah melakukan pengecekan ternyata ketersediaan fasilitas seperti, BOR dan lainnya di dua RS itu sudah sangat siap. Dimana kata dia, BOR yang tersedia saat ini di kedua RS itu berjumlah 200an bed khusus bagi pasien Covid-19.

“Ini cukup. Namun, misalnya kurang kami sudah ada langkah antispiasi lainnya,” teragnya.

Maurits menyampaikan, meski situasinya darurat.  Namun kata dia, jangan terlalu kaku dalam pelaksanaan teknis-teknis di lapangan.

“Kami hanya mengimbau kepada masyarakat agar tetap patuh dalam menerapkan Prokes serta anjuran pemerintah lainya disituasi pandemi saat ini,” pintanya.

Maurits juga mengingatkan kepada masyarakat agar tidak perlu ada rasa takut yang berlebihan. Masyarakat kata dia, harus tetap enjoy serta menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat.

“Juga jangan lupa untuk selalu berdoa agar pandemi ini cepat berakhir,” ujarnya.

Lanjut Maurits meminta kepada insransi terkait supaya memberlakukan test swab antigen keseluruh penumpang maupun awak kapal yang akan masuk di Pelabuhan Bitung tanpa terkecuali.

“Ini wajib dilakukan untuk mengantisipasi varian baru Omicron ini. Saya minta jangan lengah dan tetap melakukan langkah-langkah antispasi,” pungkasnya.

Hadir dalam pengecakan itu, Assiten I Pemkot Bitung, Julius Ondang, Kadis Dinkes Bitung, dr Pitter Lumingkewas, Sekretaris Dinkes, dr Vivi Tumbel, Dirut PD Bangun Bitung, Rizal Marcos Lumombo serta jajaran pemkot Bitung lainnya.

(JamalGani)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?