Connect with us

Bitung

Maurits Mantiri: Bersama Kita Wujudkan Semua Kelurahan Tertib Lalu Lintas

Dimuat

pada

Maurits Mantiri saat memberikan sambutan di Launching Kelurahan Tertib Lalu Lintas, Sabtu (25/09/2021).

BITUNG–Dari 69 Kelurahan yang ada di Kota Bitung. Dua kelurahan, yakni Kelurahan Batu Putih Atas dan Kelurahan Batu Putih Bawah diresmikan sebagai Kelurahan Tertib Lalu Lintas.

Peresmian Kelurahan Tertib Lalu Lintas

Peresmian dua kelurahan percontohan tertib lalu lintas itu, diresmikan langsung Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri, Sabtu (25/05/2021).

Baca juga: Diresmikan Wali Kota, Satlantas Polres Bitung Pertama di Sulut Wujudkan Kelurahan Tertib Lalu Lintas

Maurits dalam sambutanya mengatakan, sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Polres Bitung terlebih kepada Satlantas Polres Bitung yang telah menginisiasi terbentuknya Kelurahan Tertib Lalu Lintas tersebut.

“Terbentuknya Kelurahan Tertib Lalu Lintas adalah jawaban dari keluhan masyarakat sering terjadinya kecelakaan selama ini. Dua kelurahan ini akan menjadi contoh bagi 67 kelurahan di Kota Bitung sebagai Kelurahan Tertib Lalu Lintas. Kedepan semua kelurahan harus seperti ini,” ujar Maurits.

Maurits juga menyesalkan selama ini laka lantas sering memakan korban terhadap anak-anak khususnya para pelajar. Dia mengatakan, sudah sepakat dengan Polres Bitung akang melakukan penertiban di sekolah-sekolah terhadap pelajar yang mengendarai motor tanpa mengenakan helm.

“Sudah banyak generasi bangsa kita korban akibat laka lantas. Berkendara tanpa mengenakan helm salah satu yang sering kita jumpai kepada para siswa di sekolah-sekolah. Banyak sekali motor terparkir di sekolah yang dikendarai para siswa. Padahal dari segi umur mereka ini belum memiliki SIM. Ini yang menjadi perhatian kita semua,” kata Maurits.

Maurits juga menambahkan, perlu kerja keroyokan dalam hal tertib lalu lintas. Terlebih kata dia, menyadarkan kepada orang tua siswa agar jangan membiarkan anak-anak mengenderai motor sebelum memiliki SIM.

“Karena yang terjadi saat ini. Siswa-siswa kita bebas mengendarai motor tanpa memiliki SIM dan tidak menggunakan helm. Parahnya lagi, para siswa ini sering kebut-kebutan. Dan ini menjadi perhatian kita bersama,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolres Bitung AKBP Alam Kusuma S Irawan SH SIK MH menyampaikan, salah satu yang menjadi tolak ukur bangsa itu disiplin atau tidak. Bisa dilihat kata dia dia, dari segi lalu lintasnya.

“Ini menjadi modal dasar kita melihat sejauh mana disiplin atau tidaknya masyarakat kita. Kalau masyarakat taat aturan dalam berlalulintas berarti, disiplin masyarakat kita bagus,” ujarnya.

Dirinya berharap, Kota Bitung bisa menjadi percontohan bagi daerah lain dalam hal tertib lalu lintas. Dia juga sangat setuju melakukan penertiban kepada para pelajar yang masih membawa kendaraan di sekolah-sekolah.

“Saya sangat setuju ada razia di sekolah-sekolah. Karena generasi muda harus kita jaga. Apalagi dalam berekendara. Jangan sampai terjadi laka lantas dan itu menjadi penghalang masa depan mereka. Karena meraka adalah estapet kita kedepan,” katanya.

Lanjut Kapolres, Kelurahan Tertib Lalu Lintas tidak hanya behenti pada Kelurahan Batu Putih Bawah dan Atas. Melainkan kata dia, harus diterapkan disemua wilayah yang ada di Kota Bitung.

“Kelurahan Tertib Lalu Lintas ini adalah percontohan pertama. Dan bisa di contoh wilayah lain. Dan tertib lalu lintas bukan hanya sampai disisni. Tapi sampai seterusnya masyarakat harus tertib dan taat aturan saat berkendara,” pungkasnya.

(JamalGani)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?