Connect with us

Kepulauan Sitaro

Memperingati HBPN Ke-57, Mahfud MD Gelar Upacara Virtual

Dimuat

pada

TAGULANDANG- Upacara serentak memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan Nasional (HBPN) ke-57, dilakukan secara protokol kesehatan, melalui Virtual aplikasi zoom di lapangan Kantor Lapas Kelas III Tagulandang, Selasa (27/4).


Diketahui bersama, peringatan HBPN itu, menandakan tepat berdirinya sistem pemasyarakatan di Indonesia. Terpantau jelas awak xmanadonew.co.id, upacara yang bertema “Adaptasi Akselerasi, Pemasyarakatan PASTI maju“ dimulai sekira pukul 09.00 Wita, diikuti Kepala Lembaga Pemasyarakaran (Lapas) Kelas III Tagulandang, bersama pejabat struktural eselon V, Pegawai staff dan CPNS. 


Bertindak sebagai Inspektur upacara, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Prof Dr Mohammad Mahfud MD, SH SU MIP. Dalam sambutan Mahfud menyampaikan, over kapasitas dalam Lapas, merupakan salah satu masalah yang disebabkan oleh sistem. 


Disamping itu dijelaskannya, Kemenko Polhukam telah mengeluarkan Permenkumham nomor 10, Tahun 2020 dan diperbaharui dengan Permenkumham nomor 32 tahun 2020, tentang syarat dan tata cara pemberian asimilasi, pembebasan bersyarat, cuti menjelang bebas dan cuti bersyarat bagi narapidana.


Hal itu dilakukan untuk pencegahan dan penanggulangan penyebaran covid-19.  Selain itu juga sebagai salah satu upaya pengurangan over kapasitas. “Ditengah pandemi seperti ini sudah seharusnya kita mampu berakselerasi dan beradaptasi agar tujuan pemasyarakatan mampu dan tetap tercapai,” tuturnya.(Indah Maniking/onl)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?