Connect with us

Manado

MK Tolak Gugatan PAHAM, ITU JO !

Dimuat

pada

MANADO –   Walikota dan Wakil Walikota Manado terpilih Andrei Angouw dan Richard Sualang (AA-RS)  kini sudah bisa dilantik Gubernur Sulut Olly Dondokambey. Hal ini karena perjuangan dari tim Paula Runtuwene  – Harley Mangindaan di Mahkamah Konstitusi (MK) akhirnya kandas.

Mahkamah Konstitusi (MK) Rabu (17/2) membacakan putusannya terhadap gugatan Nomor 114/PHP.KOT-XIX/2021, yang diajukan pasangan calon walikota dan wakil walikota Manado nomor Urut 4 Julyeta Paulina A Runtuwene dan Harley Mangindaan, terkait pelaksanaan Pilwako Manado tahun 2021. Hasilnya, MK menyatakan permohonan pemohon tidak dapat diterima.

Dengan adanya putusan tersebut, pihak KPU akan segera menyiapkan penetapan calon terpilih dalam waktu dekat ini.

Sidang dimulai pukul 10.47 WIB itu digelar lewat Daring dan dihadiri semua yang berkepentingan yakni pemohon, pihak terkait kuasa hukum paslon nomor urut 1, Andrei Angouw dan Richard Sualang (AARS), KPU dan Bawaslu Kota Manado.

Terpantau, 9 Majelis hakim MK yang diketuai Anwar Usman, Aswanto, Arief Hidayat, Wahiduddin Adams, Suhartoyo, Manahan Sitompul, Saldi Isra, Enny Nurbaningsih, Daniel Yusmic Pancastaki Foekh menyatakan secara tegas permohonan pemohon tidak ada keterkaitan dengan penetapan perolehan suara.

Selain itu dalam pertimbangan putusan Hakim menyebut tidak memiliki keyakinan untuk menyimpang dari dari ketentuan Pasal 158 UU 10/2016 terkait ambang batas.

“Bahwa selisih perolehan suara antara pemohon (PAHAM) dan pihak terkait (AARS) adalah 21.573 suara atau melebihi persentase persyaratan sebagaimana pasal 158 ayat 2 huruf b UU 10/2016. Bahwa berdasarkan pertimbangan hukum mengenai pelanggaran di atas yang terkait dengan keterpenuhan ketentuan Pasal 158 ayat (2) UU 10/2016 mahkamah tidak memiliki keyakinan bahwa dalil pemohon demikian berpengaruh pada keterpenuhan Pasal 158 ayat (2) UU 10/2016 a quo. Dengan demikian Mahkamah berpendapat dalil Pemohon tidak cukup memberikan keyakinan untuk menyimpangi Pasal 158 ayat (2) UU 10/2016,” tegas Hakim Anwar Usman sebelum mengetuk palu putusan.

Masih menurut hakim, eksepsi Termohon/KPU dan Pihak Terkait/AARS beralasan menurut hukum dan berdasarkan penilaian atas fakta dan hukum, sehingga MK memutuskan Permohonan Pemohon/PAHAM tidak dapat diterima.

Sementara itu Paula Runtuwene sendiri langsung mengucapkan ucapan selamat kepada Andre Angouw dan Richard Sualang sebagai Walikota dan Wakil Walikota  terpilih hasil Pilkada 9 Desember silam.

Ucapan ini sendiri ditulis dalam  laman akun facebook Paula Runtuwene Full sejam yang lalu. Begitu mendapatkan informasi kalau gugatan di MK ditolak .

Syalom. , Selamat Siang semua …….

Awali dengan Doa dan akhiri dengan Syukur ….

Salam Sehat utk kita semua …..

Pada kesempatan ini , saya selaku pribadi dan keluarga mengucapkan “Banyak Selamat kepada Andrei Angouw dan Richard Sualang “ yg telah terpilih sebagai Walikota dan Wakil Walikota Manado periode 2021-2024.

Kiranya Kota Manado akan lebih baik lagi kedepan dibawah kepemimpinan Andre dan Richard ..

Saya mengajak masyarakat Kota untuk mari kita sama-sama memberikan doa dan dukungan kepada Walikota dan Wakil Walikota terpilih utk melanjutkan kepemimpinan di Kota Manado yang saat ini sudah baik dan diharapkan akan lebih baik lagi kedepan.

Kompetisi sudah berakhir, jangan saling buli dan saling menghujat antar para pendukung calon walikota dan wakil walikota, mari sama-sama bergandengan tangan untuk Manado yang lebih maju dan sejahtera

Tuhan Memberkati Kota kita Kota Manado tercinta …Manado Tetap Kota Doa …

JPAR dan Keluarga ….  (tim/red)

“Kiranya Kota Manado akan lebih baik lagi ke depan di bawah kepemimpinan Andre dan Richard,” tulis JPAR pada akun Facebook-nya, Rabu (17/02/21).

Tak lupa JPAR mengajak masyarakat bersama-sama memberikan doa dan dukungan kepada AA-RS yang akan memimpin Kota Manado sejak Mei nanti.

“Kompetisi sudah berakhir, jangan saling buli dan saling menghujat antar para pendukung calon walikota dan wakil walikota. Mari sama-sama bergandengan tangan untuk Manado yang lebih maju dan sejahtera. Tuhan memberkati Kota Manado tercinta. Manado Tetap Kota Doa. JPAR dan keluarga,” urai JPAR dalam statusnya di medsos.

Postingan tersebut langsung saja memunculkan reaksi dari para netizen yang salut dengan sikap dari Ibu Paula yang mampu berbesar hati dalam menerima kekalahan ini .

Laman tersebut ada 558 yang memberikan emotion jempol dan love serta 101 komentar dan 46 kali dibagikan.

Evie Lengkong

Salut untuk Ibu Paula Lumentut Runtuwene Full , kiranya Tuhan menolong pemimpin yg baru untuk Kota Manado memiliki hati yg melayani pula..Manado tetap menjadi Kota Doa..

Ibu Paula mendapatkan tanggung jawab yg lain pula..🙏

Marlene Rombang

Tuhan Yesus terus memberkati Ibu JPAR & keluarga.

Tuhan Yesus terus menjaga & memberkati kota Manado.

#ManadoKotaDoa

#ManadoKotaToleransi

#ManadoDiberkatiTuhan

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?