Connect with us

Minahasa

Nomenklatur Berubah, Pengurusan IMB di Minahasa Dihentikan Sementara

Dimuat

pada

Kadis PM-PTSP Minahasa Mekry Sondey, SE, MSi

MINAHASA – Pengurusan perzinan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayana Terpadu Satu Pintu (PM-PTSP) Kabupaten Minahasa, khusus pelayanan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) terhitung 2 September 2021 dihentikan sementara.

Menurut Kadis PM-PTSP Minahasa Mekry Sondey, SE, MSi pelayanan IMB sementara waktu memang dihentikan karena dengan diterbitkannya undang-undang cipta kerja no 11 tahun 2020 dan ditindaklanjuti Peraturan Pemerintah (PP) no 16 tahun 2021, sehingga kita harus menyesuaikan dengan aturan tersebut.

“Memang pelayanan IMB dihentikan tapi bukan hanya di Minahasa. Namun, berlaku di semua Kabupaten/Kota karena Nomenklaturnya sudah berubah. Biasa penyebutan IMB, ketika diterbitkannya PP no 16 tahun 2021 sudah berganti Persetujuan Bangunan Gedung (PBG). Artinya, Peraturan Daerah (Perda) soal retribusi dengan sendirinya tidak berlaku dan dianggap gugur. Maka dari itu, pelayannya kita pending untuk menunggu revisi Perda retribusi yang baru,”kata Sondey kepada xmanadonew.co.id, Jumat (3/12/2021).

Disamping perubahan nama, menurut Sondey, akan berdampak pada cara perhitungan retribusi karena dengan diterbitkannya PP no 16 tahun 2021, maka Peraturan Daerah (Perda) tentang retribusi IMB di Minahasa dianggap gugur.

“Sehubungan dengan hal ini, sehingga pemerintah akan membahas dan melaksanakan revisi Perda no1 tahun 2012. Disamping menunggu revisi tersebut, pihak PM-PTSP tidak mau ambil resiko melayani pelaku usaha, karena jika dipaksakan dasar hukumnya tidak punya,”bebernya.

Untuk itu, kami mengharapkan masyarakat Minahasa khusus para pelaku usaha mohon untuk bersabar, karena pihak PM-PTSP Minahasa sementara menunggu revisi Perda retribusi dan berharap bisa rampung secepatnya.

“Di awal tahun 2022 pelayanan IMB di Minahasa akan dibuka, tentu sesuai dengan regulasi baru dan aturan baru. Untuk pelayanannya nanti, sudah bukan lagi manual tapi secara online serta menggunakan aplikasi Sistem Informasi Bangunan Gedung (SIMB). Disaat izinnya terbit bukan lagi IMB tapi berubah menjadi Persetujuan Bangunan Gedung (PBG),”pungkasnya. (Erwien Bojoh)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?