Connect with us

Politik

PDIP Tertinggi Survey, Nama Puan Masuk Survei Capres Kalah Tipis Dari Rizieq

Dimuat

pada

JAKARTA  –  Bursa Calon Presiden (Capres) RI  terus saja menggelinding. Berbagai survey saling klaim siapa yang tertinggi dan terendah elektabilitas para calon yang sudah mulai didengung-dengungkan oleh partai masing-masing.

Seperti halnya dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani yang juga Ketua DPR RI  ikut masuk dalam bursa Capres versi survey Parameter Politik Indonesia (PPI).

Hasilnya justru tak sesuai dengan harapan. Sebagai calon presiden elektabiolitas Puan lebih rendah dari Ustaz Abdul Somad dan Rizieq Shihab, sesuai dengan hasil survei yang dilakukan 3-8 Februari.

Ustaz Abdul Somad, meski tak punya pengalaman sebagai pejabat pemerintahan, memiliki elektabilitas 1,6 persen. Sementara itu, pentolan FPI Rizieq Shihab memiliki elektabilitas sebesar 0,8 persen.

Puan Maharani, yang notabene telah lama berkecimpung di dunia politik dan beberapa kali menjadi pejabat tinggi negara, hanya memiliki elektabilitas sebagai calon presiden sebesar 0,7 persen.

Elektabilitas Puan yang rendah tak seirama dengan elektabilitas partainya, yakni PDIP. Jika pemilu digelar pada saat survei dilakukan, PDIP berpotensi meraih 25,1 persen suara. Jauh di atas elektabilitas partai-partai lain.

Di urutan kedua ada Golkar dengan elektabilitas 11,2 persen. Di susul Gerindra dengan 10,9 persen, PKB 8,0 persen, Demokrat 6,0 persen, PKS 5,8 persen, NasDem 5,4 persen, PAN 5,1 persen, dan PPP 4,3 persen.

“PDIP sementara masih menjadi partai dengan elektabilitas tertinggi 25,1 persen,” mengutip siaran pers Parameter Politik Indonesia (PPI).

Survei dilakukan dengan melibatkan 1.200 responden di berbagai wilayah Indonesia. Responden dipilih dengan metode simple random sampling dari 6.000 data target yang pernah diwawancara tatap muka pada September 2017-Desember 2020. Margin of error survei sebesar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Survei terbaru PPI ini dilakukan pada 3-8 Februari 2021 dengan menggunakan kuosiner via telepon (telepolling).

Sementara itu, tokoh dengan elektabilitas sebagai capres tertinggi adalah Prabowo Subianto. Elektabilitasnya mencapai 19,9 persen. Jauh mengungguli Gubernur Anies Baswedan di urutan kedua dengan 11,9 persen.

Di urutan ketiga, ada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dengan elektabilitas 11,3 persen. Diikuti Gubernur Jabar 4,1 persen, Mensos 4,0 persen dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono 3,8 persen.(cnn/red)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?