Connect with us

Minahasa

Pemdes Sendangan Sukses Gelar Musdes Penyusunan RKPDes Tahun 2023

Dimuat

pada

Kumtua Desa Sendangan Grace Tulenan, SIP saat membuka kegiatan Musyawarah Desa (Musdes) penyusunan RKPDes.

MINAHASA – Pemerintah Desa (Pemdes) Sendangan, Kecamatan Remboken melaksanakan Musyawarah Desa (Musdes) penyusunan Rencana Kerja Pemerintah desa (RKPDes) Tahun 2023 di kantor desa, Selasa (26/7/2022) siang tadi.

Musdes penyusunan RKPDes ini sesuai visi misi Kumtua Desa Sendangan, dan mengacu pada Permendes nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Kegiatan Musdes RKPDes di Desa Sendangan duhadiri Camat Remboken Victor Sengke, SE bersama Sekcam Ronal Kaunang dan ketua BPD Charles.Woy, SE, MSi. Kemudian juga dihadiri pemimpin di desa itu bersama seluruh perangkatnya.

Dalam laporannya, Kumtua Desa Sendangan Grace Tulenan, SIP menyampaikan bahwa sebelum kegiatan penyusunan RKPDes, kami sudah melaksanakan rapat tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) dengan perangkat desa.

“Dari RPJMDes ini, kita sudah mengetahui apa-apa yang diusulkan tiap-tiap Jaga di Desa Sendangan. Jadi, untuk masalah dan potensi di desa semua sudah di tampung, dan saat ini kita akan ikuti Musdes perencanaan RKPDes, tentu dalam musyawaran ini akan banyak usulan disetiap Jaga,”kata Kumtua Tulenan, seraya membuka Musdes RKPDes di Desa Sendangan.

Sementara dalam arahan Camat Remboken Victor Sengke, SE menyampaikan terkait maksud diselenggarakan musyawarah desa, yaitu seluruh peserta musyawarah agar mengedapankan logika dan jangan mendahului ego, karena ide dan gagasan kalian untuk kepentingan seluruh masyarakat Desa Sendangan.

“Jadi, rencana pembangunan yang di angkat harus skala prioritas yang telah disepakati bersama, bukan kepentingan seseorang apalagi pemimpin dan aparat di Desa Sendangan. Sebab, usulan tersebut dianggap penting atau urgen, itu yang menjadi prioritas untuk ditetapkan dalam RKPDes,” kata Sengke.

Memang dua tahun terakhir ini kita dilanda Pandemi Covid-19, dan dana desa yang diperuntukan bagi pembangunan tergeser ke Covid-19. Oleh karena itu, usulan-usulan sekarang terkait pembangunan, di prioriaskan bagi kepentingan banyak orang.

“Semoga di tahun 2023 nanti Pandemi Covid-19 sudah hilang, tentu dengan sendirinya dana desa akan terserap kepada semua pembangunan di Desa Sendangan. Sebelum mengakhiri sambutan, saya ingatkan kepada Kumtua maupun perangkat desa supaya jaga keamanan, ketertiban dan kebersihan lingkungan,”pungkasnya.

Kemudian rapat Musdes penyusunan RKPDes dipimpin oleh ketua BPD Charles Woy, SE, MSi, dan dilanjutkan dengan usulan tiap-tiap jaga. Selanjutnya, usulan mereka itu akan ditampung dalam RPJMDes selama 6 tahun, dan Pemdes sendiri akan menyusun usulan perangkat desa yang di tetapkan dalam RKPDes di Tahun 2023. (Erwien Bojoh)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

Iklan
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?