Connect with us

Minahasa

Pemkab Bolsel Studi Tiru Pengendalian Sampah di Minahasa

Dimuat

pada

Sebelum rombongan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bersama Dinas PMD Bolaang Mongondouw Selatan pamit dilakukan foto bersama dengan Kadis PMD Minahasa dan jajaran di depan kantor Dinas PMD.

MINAHASA – Berbicara tentang pengendalian sampah, memang menjadi tanggung jawab setiap orang. Apalagi, dengan situasi yang ada saat ini karena kendala penanganan sampah masih saja terjadi di daerah masing-masing. Untuk itu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) melakukan Studi Tiru di Kabupaten Minahasa.

Disampaikan Kadis Lingkungan Hidup Bolsel Ir Surahmat Sugeng Purwono, kedatangan DLH bersama Dinas PMD Bolsel di Dinas PMD Kabupaten Minahasa dalam rangka Studi Tiru tentang pemanfaatan Dana Desa (Dandes) yang di alokasikan untuk pengendalian dan pengadaan armada sampah.

“Memang masalah sampah di wilayahnya belum maksimal teratasi. Namun demikian, akan berupaya meningkatkan kinerja dalam penanganan persoalan kebersihan. Untuk itu, kami datang disini dan mendengar penjelasan Dinas PMD Minahasa terkait Dandes, yang katanya bisa dimanfaatkan untuk pengendalian dan pengadaan armada sampah. Dengan demikian, kami akan mempelajari dan melihat regulasinya seperti apa, sehingga Dandes bisa dibelikan kendaraan sampah,”ungkap Purwono kepada xmanadonew.co.id, Rabu (7/7/2021) siang tadi.

Kenapa Kabupaten Minahasa menjadi daerah yang di kunjungi, menurut Purwono, dari semua Kabupaten dan kota di Sawesi Utara. Daerah inilah yang telah menjalankan program pengeloalaan sampah, dan anggarannya diambil dari dana desa.

“Program pengelolaan sampah termasuk pengadaan armada sudah dijalankan Dinas PMD Minahasa, sehingga hal ini sangat bermanfaat bagi masyarakat karena menyangkut kebersihan lingkungan. Untuk itu, dengan studi tiru yang sudah dilakukan akan bermanfaat bagi masyarakat dan bakal diterapkan di daerah kami,”bebernya.

Sementara itu, Kadis PMD Minahasa Jefry Tangkulung, SH,MAP mewakili Bupati dan Wakil Bupati ROR-RD memberi penghargaan bagi Pemerintah Bolsel, karena telah memberi kepercayaan kepada Kabupaten Minahasa untuk dijadikan Studi Tiru terkait pengelolaan sampah yang diambil dari Dandes.

“Saya sudah jelaskan mekanisme dan kendala-kendala yang ada, dan berharap penggunaan Dandes untuk pengadaan armada sampah ini bisa di tiru karena menyangkut kepentingan masyarakat. Kemudian pengeolaan anggaran Dandes, selain untuk pembelian kendaraan sampah juga digunakan pada pembangunan fisik di masing-masing desa,”jelasnya.

Pengadaan armada sampah di Minahasa, menurut Tangkulung, belum semua desa memiliki kendaraan sampah dan baru sebagian.

“Memang di Kabupaten Minahasa pengelolaan anggaran Dandes yang digunakan untuk pembelian armada sampah belum semua desa terealisasi, tapi akan dilakukan secara bertahap,”kuncinya.   (Erwien Bojoh)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?