Connect with us

Minahasa

Pemkab Minahasa Gelar Musrembang RKPD Tahun 2022

Dimuat

pada

Musrenbang RKPD tahun 2022 dipimpin Bupati Royke Octavian Roring (ROR) didampingi Wakil Bupati Robby Dodokambey bersama Kajari dan Ketua pengadilan serta Kepala Bappeda provinsi.

MINAHASA – Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) rencana kerja Pemerintah Kabupaten Minahasa tahun 2022 dibuka Bupati Royke Octavian Roring (ROR) yang dilaksanakan di Moy Confention Center, Rabu (31/3/2021).

Musrembang ini dilaksanakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Minahasa, dan mengambil tema tentang pemantapan ekonomi masyarakat melalui peningkatan kontribusi sektor pertanian, perikanan dan pariwisata untuk mendukung pemerataan pembangunan wilayah.

Dalam sambutan bupati ROR, menyampaikan bahwa Musrenbang ini dilaksanakan sebagai salah satu tahapan guna menyusun Rencana kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Minahasa Tahun 2022 yang merupakan tahun keempat pelaksanaan RPJMD Kabupaten Minahasa Tahun 2018-2023.

“Penyusunanya berjalan bersamaan dengan penyusunan Perubahan RPJMD Kabupaten Minahasa, dengan mengacu pada peraturan daerah nomo 1 tahun 2019. Okeh karena itu, Musrembang ini menjadi momentum penting dan strategis bagi pembangunan Kabupaten Minahasa untuk Tahun 2022 dan RKPD ini menjadi acuan penyusunan APBD Tahun 2022,”kata ROR.

Lebih lanjut Bupati berharap dengan terlaksananya kegiatan ini, dapat menghasilkan output berupa kesepakatan tentang rumusan sebagai bahan penyempurnaan rancangan RKPD, serta sebagai bahan masukan dalam menyelaraskan dengan sasaran dan prioritas pembangunan Provinsi dan Nasional Tahun 2022.

“Mengingat penting dan strategisnya kegiatan ini. Oleh karenanya, besar harapan kami melalui Musrenbang ini akan memperoleh sinergitas Pemerintah Daerah dengan masyarakat dan swasta serta stakeholder terkait demi Minahasa berbudaya  maju dalam ekonomi dan budaya berdaulat adil dan makmur,”ungkapnya.

Adapun Tahapan yang telah dilaksanakan dalam Penyusunan RKPD Tahun 2022  adalah:

1. Musrenbang Desa dilaksanakan Oktober sampai dengan bulan Desember 2020 dan Musrenbang Kelurahan dilaksanakan 20 sampai dengan 28 Januari 2021 bertempat di Desa/Kelurahan se-Kabupaten Minahasa.

2. Orientasi Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dilaksanakan pada 20 Januari 2021 bertempat di Bappelitbangda Kabupaten Minahasa;

3. Musrenbang Kecamatan dilaksanakan pada 17 sampai dengan 26 Februari 2021 bertempat di Kecamatan se-Kabupaten Minahasa;

4. Forum Konsultasi Publik dilaksanakan pada 15 Februari 2021 bertempat di BPU Tondano; dan

5. Forum Perangkat Daerah dilaksanakan pada 25 sampai dengan 26 Maret 2021 bertempat di Bappelitbangda Kabupaten Minahasa.

6. Musrenbang RKPD Kabupaten yang dilaksanakan pada hari ini.

Hadir dalam Musrenbang RKPD, Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, SSi, ketua DPRD Glady Kandouw, Forkopimda, Direktur Regional 2 Bappenas RI, direktur perencanaan, evaluasi dan informasi pembangunan daerah Ditjen bina pembangunan daerah, kepala  Bappeda provinsi, ibu ketua dan wakil ketua TP PKK, para asisten dan staf ahli Bupati, kepala Dinas, kantor/satuan se-Minahasa, Kabag Setda, camat dan instansi pemerintah daerah dan instansi vertikal, unsur akademik, tokoh masyarakat, unsur LSM dan pengusaha serta peserta Musrembang.   (Erwien Bojoh)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?