Connect with us

Kepulauan Talaud

Pemkab Talaud Salurkan Bantuan Bencana Alam di Tiga Kecamatan!

Dimuat

pada

Penyaluran bantuan bencana alam di tiga Kecamatan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Talaud pada Senin (22/02/2021).//Foto:tni

MELONGUANE – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud melalui Wakil Bupati Drs Moktar Arunde Parapaga (MAP) melakukan kunjungan kerja ke beberapa titik lokasi yang terdampak bencana alam akibat terjangan ombak beberapa waktu lalu. Kunker yang dilaksanakan pada Senin (22/02/2021) ini diawali dengan pemberian bantuan logistik berupa bahan makanan, serta beberapa peralatan tidur kepada warga yang terdampak di Desa Rusoh Kecamatan Beo Selatan, dilanjutkan dengan peninjauan beberapa rumah warga di Kecamatan Essang.

Perjalanan terus ditempuh dengan tujuan selanjutnya di Desa Taturan Kecamatan Gemeh. Parapaga ketika diwawancarai oleh awak media yang ikut dalam kunjungan tersebut menyampaikan bahwa pemukiman warga di Kabupaten Talaud kebanyakan memang berada dipesisir pantai. Sehingga kita harus waspada terhadap gelombang air laut dan angin kencang.

“Upaya pemerintah untuk menanggulangi semua wilayah yang rawan bencana sudah ada seperti pembuatan tanggul yang sudah masuk pada tahap I pengusulan anggarannya. hanya saja sampai saat ini masih belum terealisasi karena sebagian anggarannya dialokasikan untuk Penanganan Covid-19,” kata MAP.

Senada Kapolsek Gemeh Ipda Glen Damar membenarkan adanya kerusakan dan kerugian, akibat dampak terjangan ombak dan angin kencang tersebut.

“Benar hal itu terjadi setelah kami melakukan patroli, khusus di wilayah Hukum kami (Kecamatan Gemeh-red) ditemukan ada tiga Desa yang terdampak yaitu Desa Taturan, Desa Arangkaa, dan Desa Taruan. Sehingga kami langsung bergerak bersama dengan Koramil 1312-05/ Essang melaksanakan Karya Bhakti untuk membantu pembuatan tanggul dengan menggunakan batang kelapa dan pasir yang diisi dalam karung untuk menahan ombak,” jelasnya.

Kepala Dinas Sosial Nelson Udang mengatakan bahwa ada 50 paket bantuan yang akan diserahkan. “Paket bantuan ini pun selain ada dari Dinsos, ada pula dari BPBD,” ucapnya singkat.

Sesuai data yang diperoleh jumlah paket bantuan yang diserah saat kunker adalah berjumlah 32 paket yang sisanya akan disalurkan oleh masing-masing kecamatan dibawah koordinasi Camat dan Pemerintah Desa.

Turut dalam agenda kunjungan kerja penyaluran bantuan ini yaitu Ny Martji Parapaga Leong yang ikut mendampingi Wabup, Sekretaris TP-PKK Cherly Tumewu, Asisten I Daud Malensang, Ass II Leida Dachlan, Ass III Spener Bawangun, Kepala BPBD Jabes Linda M.AP, Kepala Satuan Pol PP Adrianson Taarega, Kepala Dinas Sosial Nelson Udang serta para ASN dilingkup Pemda Talaud. (tni)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?