Connect with us

Bitung

Penyuluh Pertanian Bersinergi Dengan Satgas TMMD ke 111 Kodim 1310 Bitung, Ajak Warga Menanam Cabe

Dimuat

pada

Penyuluh pertanian dan Satgas TMMD ke-111 Kodim 1310 Bitung melakukan penyuluhan tentang budidaya cabe

BITUNG—Satgas TMMD, ke-111 Kodim 1310 Bitung bersinergi dengan pihak penyuluh dari Dinas Pertanian Kota Bitung menggelar penyuluhan tentang budidaya tanaman cabe, di SMP N 3 Bitung, Senin (21/06/2021).

Terpantau, warga yang hadir pada kegiatan tersebut terlihat sangat antusias mendengarkan materi yang dibawakan oleh Penyuluh Pertanian, Pelita Muaja dari Dinas Pertanian Kota Bitung.

“Pada kesempatan ini kami mengajak kepada masyarakat Kelurahan Kumersot untuk bisa belajar menanam cabe atau rica. Karena selain rutin dikonsumsi setiap hari. Harga rica di pasaran juga terbilang fantastis. Harganya bisa mencapai ratusan ribu per kilonya,” ujar Pelita.

Menurut Pelita, dalam menanam atau membudidayakan rica tidaklah susah atau pun rumit seperti tanaman pertanian lainnya. Hanya saja kata dia, warga harus tahu caranya bagaimana agar tanaman cabe ini tidak dirusak oleh hama atau pun sejenisnya.

“Tanam rica itu sangat simpel. Kendalanya sering kali ada pada hama atau semut. Namun, sekarang sudah banyak obat atau pembunuh hama yang banyak dijual. Jika pun, ingin cara sederhana bisa. Cukup dengan sabun bubuk daia dihamburkan ke tempat ditanami rica pasti akan mencegah dari hama dan semut,” terangnya.

Selain itu lanjutnya, ada banyak cara tradisional yang bisa diracik untuk membunuh hama jika menyerang tanaman cabe. Seperti kata dia, campuran Lingkuas, Bawang Putih, dan Kunyit diramu secara organik.

“Ini juga salah satu cara ampuh agar tanaman cabe kita bisa tetap subur. Apalagi ini Kelurahan Kumersot ini tanahnya subur. Dan potensi untuk cabe hidup itu sangatlah besar. Kita bisa memulainya dulu di pekarangan rumah untuk mengetahui seperti apa hasilnya,” pungkasnya.

(JamalGani)  

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?