Connect with us

Bitung

Ramlan Ifran Serap Aspirasi Warga di Lokasi Langanan Banjir Akibat Pembangunan Jalan Tol

Dimuat

pada

BITUNG—Anggota DPRD Kota Bitung, Ramlan Ifran menggelar reses masa persidangan kedua tahun kedua, tahun sidang 2020-2021, Daerah Pemilihan (Dapil) Kecamatan Maesa, Selasa (06/04/2021). 

Wakil rakyat dari partai NasDem ini memilih lokasi reses di tempat yang sering menjadi langganan banjir akibat dampak dari pembangunan Jalan Tol, tepatnya di Lingkungan Satu, Kelurahan Kakenturan Dua, Kecamatan Maesa. 

Dalam reses itu masyarakat yang hadir dibatasi hanya berjumlah sekitar 20 orang. Dan lebih mengedepankan penerapan protokol kesehatan (Prokes) covid-19. 

Haji Olan sapaan Ramlan Ifran dalam reses itu menerima banyak aspirasi dari masyarakat sekitar. Diantaranya permasalahan banjir akibat pembangunan Jalan Tol, penerangan lampu jalan, dan pembangunan jalan alternatif warga, serta masalah sertifikat tanah. 

Haji Ilyas, salah satu warga lewat reses itu meminta, agar Ramlan Ifran menyampaikan kepada pemerintah Kota Bitung terkait pembangunan jalan alternatif. 

“Kami minta pak dewan sampaikan keluhan kami agar dibuatkan jalan alternatif menuju Sekolah Madrasah Aliyah (MA). Karena sering kali belajar mengajar di sekolah ini tergangu apabila ada hajatan atau semacamnya yang dilakukan di jalan itu. Sebab tidak ada jalan lain. Makanya kami minta agar dibuatkan jalan tembus ke Pinagunian. Agar sekolah itu mudah diakses dan tidak ada gangguan lagi,” pintanya. 

Warga lainya, Tarmin Pakaya juga mengeluhkan jika masyarakat di sekitar tempat itu sering kali menjadi langganan banjir dan setiap harinya harus menghirup debu akibat dari pembangunan tol. 

“Tolong diperhatikan dan sampaikan ke pemerintah dan pengelola jalan tol. Jika di lingkungan kami saat hujan banjir dan becek. Kalau panas kita makan debu. Seumur-umur baru kali ini kami sering terkena banjir. Juga kami minta jalan disini pasangkan lampu jalan karena sangat gelap. Dan rawan sekali terjadi kecelakaan,” pintanya. 

Selain itu, Pakaya juga meminta agar dibangunkan drainase. Sebab kata dia, drainase yang ada saat ini tidak berfungsi. 

“Drainase yang ada tidak berfungsi. Kami berharap ada solusi dari pemerintah untuk menindaklanjutinya,” harapnya. 

Mendegar keluhan warga itu, Ramlan mengatakan akan segera menindaklanjuti segala aspirasi warga itu. 

“Paling lambat besok sebelum rapat paripurna mulai saya sudah tindaklanjuti segala aspirasi ini. Saya nanti akan ketemu dengan pihak pengelola jalan tol untuk membicarakan masalah ini. Besok juga saya akan ke BPN untuk menanyakan soal sertifikat tanah untuk pembangunan masjid,” ujar Ramlan. 

Lanjut Ramlan, terkait dengan pembangunan jalan dan semacamnya. Dirinya akan berkoordinasi dengan pihak eksekutif. Dirinya berharap apa yang menjadi keluhan warga bisa sinkron dengan program pembanguan pemerintah  saat ini. 

“Memang untuk pembangunan butuh proses. Semua harus sinkron semua dengan program pemerintah Kota Bitung. Apalagi ada visi-misi dan janji politik yang harus ditunaikan pemerintahan baru. Saya berharap apa yang menjadi keluhan warga ada dalam program Wali Kota Bitung dan Wakil Wali Kota Bitung, Maurits-Hengky,” harapnya. 

Ramlan menambahkan, dirinya tidak memiliki wewenang lebih untuk menjawab semua keluhan warga. Karena kata dia, selaku pihak legislatif hanya bisa mengawasi san menjadi jembatan untuk masyarakat Kota Bitung. 

“Kami DPRD bukan eksekutor. Tapi tugas kami mengawasi dan wajib menyampaikan apa yang menjadi aspirasi masyarakat. Saya pasti akan tindaklanjuti setiap aspirasi yang disampaikan ini,” jelasnya. 

“Dan perlu diketahui saya memilih lokasi reses di tempat ini. Karena saya tahu ada banyak masalah yang harus diselesaikan dan membutuhkan jalan keluarnya. Maka dari itu saya disini hadir didepan masyarakat. Dengan harapan bisa membawa aspirasi ini untuk diperjuangkan,”tambahnya. 

(Jamal Gani)

Lanjut Membaca
Iklan
Klik untuk komentar

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan
error: Content is protected !!
×

Halo!

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp

× Hubungi Redaksi?